UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP MELALUI SUPERVISI MANAGERIAL YANG BERKELANJUTAN

Saryonah .

Abstract


Penilitian ini dilaksanakan  di SD Negeri 2 Tangkolo Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan, yang betujuan untuk mengetahui  pelaksanaan supervisi managerial berkelanjutan, dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP, meningkatkan kinerja guru dalam mengelola kelas., meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan pada tabel diatas, dapat diketahui adanya peningkatan kuantitas dan kualitas silabus dan RPP  pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Untuk silabus skor rata-rata pada prasiklus sebesar 47,5%. Hasil tersebut masih dibawah 70%. Skor rata-rata tes pada siklus I sebesar 63,8%. Hasil tersebut sudah ada peningkatan tetapi masih dibawah angka 70%. Skor rata-rata pada siklus II sebesar 90,1. Hasil tersebut sudah berada di atas angka 70%. Persentase peningkatan hasil rata-rata pada prasiklus ke siklus II sebesar  26,3%.

            Sedangkan untuk RPP skor rata-rata untuk prasiklus 42,% hasil tersebut masih dibawah 70%,  untuk rata-rata siklus I adalah 59,9% hal ini sudah ada peningkatan tetapi masih berada di bawah angka 70%, dan untuk rata-rata siklus II adalah 89%, setelah siklus II ada peningkatan yang sangat bagus yaitu 46,4%.

   Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa kuantitas dan kualitas silabus dan RPP di SD Negeri 2 Tangkolo berhasil dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata tes pada prasiklus, siklus, dan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan setelah pelaksanaan supervisi manajerial yang berkelanjutan selesai dilaksanakan.

 

Kata Kunci; Kompetensi Guru, Supervisi Manajerial


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Kurikulum tigkat Satuan Pendidikan Model silabus Tematik Kelas I, Jakarta

Tarigan, Henry Guntur 1981, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Angkasa

Undang Gunawan, 2008, Teknik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung, Sayagatama.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v4i1.1122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.