PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 2 PURWAWINANGUN KECAMATAN KUNINGAN KABUPATEN KUNINGAN
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui perngaruh penggunan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Purwawinangun pada mata pelajaran matematika.Latar belakang penelitian ini adalah disebabkan oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika karena metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang efektif, Dimana siswa hanya mendengar, melihat, dan mencatat.Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang diharapkan dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di SDN 2 Purwawinangun.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah : (1) perbedaan kemampuan awal antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ceramah; (2) perbedaan hasil pretes dengan posttest siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT; (3) perbedaan hasil pretes dengan posttest siswa pada kelas yang menggunakan metode ceramah; (4) perbedaan hasil posttest antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan siswa yang menggunakan metode ceramah; (5) perbedaan peningkatan (gain) anatara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan siswa yang menggunakan metode ceramah.
Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desaign.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V semester II SDN 2 Purwawinangun Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan.Sampel penelitian ini adalah kelas eksperimen (VA) dan kelas kontrol (VB).Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t).
Hasil penelitian pada uji hipotesis pertama menunjukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan awal kelas eksperimen dan kelas kontrol.Berdasarkan uji hipotesis kedua menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil pretes dengan posttest pada kelas eksperimen.Berdasarkan uji hipotesis ketiga menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil pretes dengan posttest pada kelas kontrol.Berdasarkan uji hipotesis keempat menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil posttest anatara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol.Berdasarkan uji hipotesis kelima menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan (gain) antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol.
Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Anitah, Sri, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta : Rineka Cipta.
Baharin Shamsudin. 2007. Kamus Matematika Bergambar. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Bandung: Mulia Mandiri Press
Slavin E. Robert. 2008. Cooverative Learning : Tesis, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Sujono.1988. Pengajaran Matematika untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Bumi Aksara
Suprijono.Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar
DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v5i1.1587
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.