MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI TEMPAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KALAPAGUNUNG KECAMATAN KRAMATMULYA

Yanto Budhianto

Abstract


Pelajaran matematika merupakan perpaduan antara materi yang bersifat abstrak dan konkrit atau benda nyata. Ketepatan atau efektifitas penggunaan metode mengajar disamping dipengaruhi oleh karakter pribadi seorang guru dan dipengaruhi oleh jenis materi yang diajarkan.Menggunakan metode mengajar, disesuaikan dengan materi pelajaran yang akan diberikan kepada siswa. Dan metode yang baik dipergunakan oleh guru A, belum tentu baik pula dipergunakan oleh guru B, oleh karena itu, penggunaan metode harus disesuaikan pula dengan karakter pribadi guru.

Metode demonstrasi adalah suatu penyajian yang dipersiapkan secara teliti untuk mempertontonkan dan mempertunjukkan tindakan posedur dan penjelasan, ilustrasi secara lisan memperlihatkan suatu proses kepada seluruh kelas (Winarno, 1980:87)

Mata pelajaran Matematika dengan materi pembelajaran nilai tempat di Kelas IV Semester I SDN 1 Kalapagunung Pembelajaran Matematika dengan analisis terhadap pemahaman nilai tempat, ditentukan jumlah siswa yang mendapat nilai dibawah batas ketentuan minmum keberhasilan belajar siswa. Nilai keberhasilan pembelajaran Siklus I dan Siklus II yang diperoleh dari hasil analisis data dan kegiatan PBM. meningkat dengan Rata-rata skor Nilai pra siklus 65,62,pada siklus I 73,12 meningkat dii siklus II menjadi 79,37. Tingkat ketuntasan pra siklus : 50%, siklus I: 68,75% dan siklus II: 87,50%, data tersebut menjadi acuan ketepatan penggunaan metode demonstrasi tiap Siklusmya .

Melihat hasil belajar siswa yang meningkat maka dikatakan bahwa Penelitian telah BERHASI mencapai ketuntasan Pemehaman Pembelajaran Matematika mencari nilai tempat bilangan dengan Menggunakan metode Demonstrasi di kelas IV SDN 1 Kalapagunung Kecamatan Kramatmulya

Kata kunci : Pembelajaran Matematika Metode Demostrasi,


References


Bahri, Jamara Syaiful. (2000). Keunggulan Metode Demonstrasi. Jakarta: Bina Aksara.

Cenei (1986).Tujuan Penerapan Metode Demonstrasi. Boston: Allyn & Bacon.

Mujiono.(1986). Keterampilan Dasar Mengajar Matematika. Jakarta: Intan Pariwara.

Reuseffendi (1990).Macam-macam Metode. Jakarta: Bina Aksara.

Usman, Basyirudin. (2002). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Jaya.

Staton (1978).Penerapan Metode Demonstrasi. Boston: Allyn & Bacon.

Winarno (1980).Pengertian Meto

de Demonstrasi. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.