UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 CILOA
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) ini Berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses (PKP) Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Ciloa”. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas VI SD Negeri 2 Ciloa melalui penggunaan pendekatan keterampilan proses (PKP). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus perbaikan, dan masing-masing siklus 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Ciloa Kabupaten Kuningan tahun ajaran 2018/2019 pada mata pelajaran IPA. Jumlah siswa sebanyak 42 orang siswa, terdiri dari 28 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) perencanaan tindakan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) pengamatan tindakan; dan (d) refleksi. Hasil penelititian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata 61,66 pada siklus I pertemuan 1, menjadi 69,28 pada siklus I pertemuan 2, 74,52 pada siklus II pertemuan 1 dan menjadi 82,61 pada siklus II pertemuan 2. Sementara dari prosesntasi ketuntasan terjadi peningkatan dari 11,90% pada siklus I pertemuan 1, menjadi 35,71% pada siklus I pertemuan 2, 57,14% pada siklus II pertemuan 1 menjadi 80,95% pada siklus II pertemuan 2. Dari hasil di atas, maka nilai dan prosentase ketuntasan selalu mengalami kenaikan pada setiap siklusnya, baik pertumuan 1 maupun pertemuan 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan keterampilan proses (PKP) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas VI SD Negeri 2 Ciloa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Keterampilan Proses (PKP), IPA
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: PB Dharma Bakti.
Nazir, Moh. (2005). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Samiawan, C., dkk. (1987). Pendekatan keterampilan proses. Jakarta: PT Gramedia.
Sudjana, Nana. (1995). Penilaian hasil proses. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wardhani, I. G. A. K., dkk. (2007). Penelitian tindakan kelas. Jakarta. UT.
Winataputra, dkk. (2005). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i1.1899
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.