Kandungan Senyawa Kimia Daun dan Kulit Goniothalamus macrophyllus (Blume) Hook.f. & Thomson) di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat

Ilham Adhya, Agus Yadi Ismail, Gizka Zaskyani, Rian Adam Ahdiana

Abstract


Goniothalamus macrophyllus (Blume) Hook.f. & Thomson merupakan salah satu tumbuhan yang tumbuh di hutan dataran rendah dan mempunyai potensi sebagai tumbuhan obat. Keberadaan tumbuhan ini hanya ditemukan di hutan alam terutama di hutan dataran rendah. Beberapa spesies Goniothalamus telah dilaporkan mengandung senyawa yang bermanfaat secara medis (Tantithanaporn et al 2011, Tip-pyang et al 2010, dan Thai et al 2010). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi kandungan senyawa kimia daun dan kulit G. Macrophyllus. Dalam pengujian ini, sampel-sampel daun diperlakukan melalui proses penyulingan undtuk mendapatkan minyaknya. Proses lebih lanjut dalam pengujian kandungan senyawa kimia adalah analisis GC-MS menggunakan alat agilent technologies GC system (GC 7890 dan 5975 C XLEI/CI MSD). Data kandungan senyawa kimia hasil distilasi dan analisis GC-MS disajikan dalam bentuk tabulasi, teridentifikasi sebanyak 16 komponen senyawa kimia daun dan 16 komponen senyawa kimia kulit G. macrophyllus. Kelimpahan kandungan senyawa kimia minyak daun tertinggi adalah alphacadinol. Kelimpahan kandungan senyawa kimia minyak kulit tertinggi adalah 1.8-cineole. (kata kunci: G. Macrophyllus, tumbuhan obat, kandungan senyawa kimia)

Full Text:

PDF

References


Dahelmi, dkk. 2008. Serangga Nocturnal di Hutan Penelitian dan Pendidikan Biologi Universitas Andalas. Lembaga Penelitian Universitas Andalas. Padang.

Hadi, M. 2009. Biologi Insecta. Graha Ilmu: Yogyakarta. Kahono, S., & Setiadi, L. K. (2007). Keanekaragaman dan Distribusi Vertikal Kumbang Tinja Scarabaeids (Coleoptera: Scarabaeidae) di Hutan Tropis Basah Pegunungan Taman Nasional Gede Pangrango, Jawa Barat, Indonesia. Biodiversitas. 7 (4). ISSN 1412-033X.

Kusrini, M.D. 2008. Pedoman Penelitian dan Survei Amfibi di Alam. Pustaka Media Konservasi Institut Pertanian Bogor. Bogor. Indonesia.

Susetya. N. P. 1994. Serangga Di Sekitar Kita. Kanisius: Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.