Identifikasi Jenis Kantong Semar (Nepenthes Spp.) di Kawasan Gunung Subang Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan

Vicky Pranata, Yayan Hendrayana, Agus Yadi Ismail

Abstract


Kantong semar (Nepenthes sp.) merupakan tumbuhan dengan bentuk unik baik dari corak warna, bentuk kantong dan kemapuan dalam menangkap serangga. Kantong semar (Nepenthes spp.) merupakan salah satu tanaman yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Hayati dan Ekosistemnya serta Peraturan Pemerintah No. 7/1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Gunung Subang Kabupaten Kuningan merupakan salah satu habitat beberapa jenis kantong semar (Nepenthes spp.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan morfologi kantong semar yang terdapat di kawasan Gunung Subang.Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.Penelitian ini dilakukan dengan cara eksplorasi di dalam kawasan Gunung Subang,dengan cara menjelajahi kawasan gunung dan dipandu oleh warga sekitar yang mengetahui lokasi Nepenthesdi sekitar kawasan tersebut.. Hasil penelitian jumlah kantong semar (Nepenthes spp.) yang diperoleh di Kawasan Gunung Subang sebanyak 2 jenis yang terdiri dari Nepenthes mirabilis dan Nepenthes adrianii.Dan jumlah kantong semar yang ditemukan di kawasan Gunung Subang yaitu berjumlah 12 individu untuk Nepenthes adrianii dan 19 individu Nepenthes mirabilis.

Full Text:

PDF

References


Ariadi. (2011). Analisis dan Perancangan Kode Matriks Dua Dimensi Quick Response (QR) Code. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Batoro, J. and Wartono, A. Review status the Nepenthes (Nepenthaceae) from Java Indonesia. Indian Journal of Plant Science, Vol. 6(1), pp. 12 – 16.

Clarke, C. 1997. Nepenthes of Borneo. Natural History Publications. Kota Kinabalu.

Febriyanti, S. 2008.Identifikasi Jenis Pohon Di Kawasan Hutan Alam Plomas Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat (skripsi) Pontianak : Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura.

Handayani, Tri.1999.Konservasi nepenthes di kebun raya indonesia.Dalam: Prosiding Seminar Hasil – Hasil Penelitian Bidang Ilmu Hayat. Pusat Antar Universitas Ilmu Hayat IPB. Bogor, 16 September 1999.Hlm 366 – 371..2001.Nepenthes spp. Koleksi kebun raya bogor yang berpotensi sebagai tanaman hias.Warta Kebun Raya 3. 1 Mei 2001. Hlm.26 – 33.

Handayani, T., Latifah, D.and Dodo. 2005. Diversity and Growth Behaviour of Nepenthes (Pitcher Plants) in Tanjung Puting National Park, Central Kalimantan Province. Biodiversitas, vol. 6(4), pp. 248 – 252, Oktober 2005.

Mansur, M. 2006. Nepenthes Kantung Semar yang Unik. Buku. Jakarta. Penerbit Swadaya. Halaman 23-26 Mansur, M. 2012. Laju penyerapan CO2 pada kantong semar (Nepenthes gymnamphora Nees) di Taman Nasional Gunung Halimun – Salak, Jawa Barat. J. Tek. Ling., Vol. 13(1), pp. 59 – 65

Mansur, M. 2013. Tinjauan tentang Nepenthes (Nepenthaceae) di Indonesia. Tamin, R & M. Hotta. 1986. Nepenthes di Sumatera: The Genus Nepenthes of Sumatera Island. In: M. Hotta (eds.), Diversity and Dynamics of Plant Life in Sumatera. Kyoto University, Japan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.