Keanekaragaman Jenis Serangga di Bumi Perkemahan Pasir Batan Blok Karangsari Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

Rian Adam Ahdiana, Yayan Hendrayana, Nurdin Nurdin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keanekaragaman Serangga di Bumi perkemahan Pasirbatang kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Kurang lebih 1 juta spesies serangga telah dideskripsikan (dikenal dalam ilmu pengetahuan), dan hal ini merupakan petunjuk bahwa serangga merupakan makhluk hidup yang mendominasi bumi, diperkirakan masih ada 10 juta spesies serangga yang belum dideskripsikan. Salah satu habitat serangga berada di Bumi perkemahan (Buper) Pasirbatang, Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Dengan menggunakan metode eksplorasi. Pengambilan spesimen menggunakan Light trap untuk serangga malam dipasang selama 12 jam dari pukul 18:00 sampai dengan pukul 06:00, untuk serangga terbang ditangkap menggunakan Sweep net, dan Pit fall trap digunakan untuk menangkap serangga tanah yang aktif pada siang dan malam hari, jebakan dipasang selama 24 jam. Hasil penelitian menunjukkan serangga yang tertangkap masing-masing terdiri dari 10 Ordo dan 26 Spesies, dengan nilai kerapatan relatif tertinggi sebesar 29,982% dan terendah sebesar 0,046%. Nilai indeks keanekaragaman serangga Shanon-Weiner (H’) di Buper Pasirbatang  sebesar -2,083 (rendah).


Full Text:

PDF

References


Dahelmi, dkk. 2008. Serangga Nocturnal di Hutan Penelitian dan Pendidikan Biologi Universitas Andalas. Lembaga Penelitian Universitas Andalas. Padang.

Hadi, M. 2009. Biologi Insecta. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Kahono, S., & Setiadi, L. K. (2007). Keanekaragaman dan Distribusi Vertikal Kumbang Tinja Scarabaeids (Coleoptera: Scarabaeidae) di Hutan Tropis Basah Pegunungan Taman Nasional Gede Pangrango, Jawa Barat, Indonesia. Biodiversitas. 7 (4). ISSN 1412-033X.

Kusrini, M.D. 2008. Pedoman Penelitian dan Survei Amfibi di Alam. Pustaka Media Konservasi Institut Pertanian Bogor. Bogor. Indonesia.

Susetya. N. P. 1994. Serangga Di Sekitar Kita. Kanisius: Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.