Keanekaragaman Jenis Burung Pada Dua Tipe Habitat di Blok Pasir Batang Taman Nasional Gunung Ciremai

Yayan Nurdiana, Toto Supartono, Nurdin Nurdin

Abstract


Blok Pasir Batang merupakan suatu kawasan yang memiliki banyak fungsi selain untuk tempat wisata,kawasan tersebut sebagai habitat bagi beberapa jenis burung, dengan keanekaragaman jenis tumbuhan yang ada diharapkan dapat menjadi faktor pendukung bagi kelangsungan hidup burung. Kelestarian burung dapat di pertahankan melalui studi atau penelitian dan data keanekaragaman jenis merupakan hal yang paling pokok dalam deskripsi avifauna (satwaburung) dalam suatu lokasi serta belum adanya data sebagai informasi.Metode penelitian yang digunakan yaitu MacKinnon (metode daftar jenis burung) yaitu dengan cara mendaftar  jenis burung hingga jumlah tertentu (Mackinnon et al 2010). Pengamatan dilakukan dengan cara berjalan dengan kecepatan konstan di sepanjang jalur penelitian. Setiap jenis burung yang di temukan di identifikasi jenisnya.Burung hasil pengamatan dan telah diidentifikasi dimasukan kedalam suatu daftar yang mencatat jenis-jenis burung yang teramati, setiap jenis hanya dicatat satu kali untuk setiap daftar. Setiap daftar terdiri dari  10 jenis, jika  daftar telah mencapai 10 jenis, maka dibuat  daftar jenis selanjutnya. Berdasarkan penelitian dilapangan Jumlah jenis burung yang ditemukan dengan menggunakan metode Daftar MacKinnon pada dua  tipe habitat hutan pinus dan semak belukar. Pada tipe habitat hutan pinus terdapat 24 jenis burung yang ditemukan, sedangkan pada tipe habitat semak belukar terdapat 29 jenis burung yang ditemukan.


Full Text:

PDF

References


MacKinnon, J., Phillips, K., & Van Ballen, B. 2010. LIPI-Seri Panduan Lapangan Burung-burung di Sumatra, Jawa, Bali dan Kalimantan. Jakarta, Indonesia. Pustitbang Biologi LIPI

Tortosa, F.S. 2000. Habitat Selection by Flocking Wintering Common Cranes (Grus grus) at Los Pedroches Valley, Spain. Etologia, 8: 21-24.

Odum, E.P. 1996. Dasar-Dasar Ekologi. Yogyakarta, Indonesia : Gadjah Mada University Press.

Bibby, C., Martin, J., & Stuart, M. 2000. Teknik-Teknik Lapangan Survei Burung. Bogor, Indonesia: Birdlife International Indonesia Programe.

Utama, M.T. 2011. Keanekaragaman Jenis Burung di Hutan Mangrove Desa Sungai Burung, Kecamatan Dente Teladas, Kabupaten Tulang Bawang. [Skripsi]. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Bandar Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.