Identifikasi Tumbuhan Bawah Dengan Pendekatan Kurva Spesies di Blok Pasir Batang Karangsari Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Kuningan Taman Nasional Gunung Ciremai

Devi Septiani Astuti, Toto Supartono, Ilham Adhya

Abstract


Tumbuhan bawah adalah suatu jenis vegetasi dasar yang terdapat di bawah tegakan selain permudaan pohon hutan, yang meliputi rerumputan dan vegetasi semak belukar. Lebih lanjut dikemukakan bahwa jenis-jenis pohon kecil (perdu), semak  dan tumbuhan bawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman dan morfologi tumbuhan bawah  di Blok Pasir Batang Karangsari  SPTN Wilayah I kuningan TNGC. Penelitian ini telah dilakukan pada 01 Juli 2019 sampai 10 Oktober 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kurva spesies jenis yang tidak dibatasi sampai tidak ada lagi jenis baru. Jumlah spesies yang ditemukan adalah 39 spesies dari 50 plot  dengan total 147 individu. Analisis data menunjukan spesies yang paling banyak ditemukan adalah jenis Clidemia hirta (L.) D. Don serta pada kurva spesies jenis menunjukan bahwa 38 jenis  adalah batas plot terakhir yang tidak ada penambahan jenis baru.


Full Text:

PDF

References


Arief A. 1994. Hutan alam dan pengaruh terhadap lingkungannya. Jakarta: Yayasan Obor.

Hardjosentono P. 1976. Pedoman Inventarisasi Flora dan Fauna. Bogor: Direktorat Perlindungan dan Pengawetan Alam.Indriyanto. 2006. Ekologi Hutan. Jakarta: Bumi Aksara

Kementrian Kehutanan. 2012. Statistik Kehutanan Indonesia. Jakarta: Kementrian Kehutanan.

Miardini A, Boediyono A, Atmoko BD, Harjadi B, Gunawan. 2010. Analisis kerentanan tumbuhan hutan akibat perubahan iklim. Solo: Badan Penelitian dan Pengembangan Hutan.

Munthe, J. M. 2013. Struktur dan Komposisi Pohon Pada Habitat Orangutan Sumatera (Pongo abelii) di Pusat Pengamatan Orangutan Sumatera, Bukit Lawang. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Odum,E.P.1993. Dasar-dasar Ekologi. Yogyakarta, Indonesia : Gadjah Mada Universuty Press

Soerianegara I dan A Indrawan. 2008. Ekologi Hutan Indonesia. Bogor. Laboratorium Ekologi Hutan. Fakultas Kehutanan. Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.