Potensi Cadangan Karbon Tersimpan di Kampus Universitas Kuningan Kabupaten Jawa Barat

Indra Gilang Permana, Iing Nasihin, Dede Kosasih

Abstract


Fenomena pemanasan global dan berbagai bencana lingkungan telah mendorong berbagai kota dunia untuk berpikir ulang menata kehidupan warga dan kota. Kota merupakan mesin pertumbuhan masa depan yang memberikan peluang besar bagi peningkatan pendidikan, perluasan lapangan kerja, dan kemakmuran masyarakat, dipihak lain juga menimbulkan kemacetan lalu lintas, menjamurnya permukiman kumuh, peluberan kota, pencemaran lingkungan, eksploitasi sumber daya alam, dan penyumbang penting perubahan iklim. Penelitian bertujuan mengetahui potensi cadangan karbon tersimpan pada setiap tegakan Vegetasi Pohon yang berada pada Kampus Universitas Kuningan, suatu vegetasi berperan dalam upaya peningkatan penyerapan karbondioksida (CO2) dimana dengan bantuan cahaya matahari, air dari tanah dan vegetasi yang berklorofil mampu menyerap karbondioksida (CO2) dari atmosfer melalui proses fotosintesis. Metode analisis data yang di gunakan menggukan rumus persamaan  allometrik, metode ini mengkonversi data diameter setinggi dada (Diameter at the Breast Heigh DBH) menjadi nilai biomassa dan karbon tersimpan pada setiap pohon yang dilakukan pendataan secara sensus. Hasil analisis data potensi cadangan karbon yang menggukanan rumus persamaan allometrik nilai perhitungan sensus keseluruhan pada setiap Pohon munjukan nilai kandungan karbon tersimpan sebesar 66,67 ton dengan luasan areal ±4 ha, sedangkan total biomassa tersimpan pada Kampus Universitas Kuningan berjumlah 133,342 ton.


Full Text:

PDF

References


Joga, N. 2013. Indonesia Menghijau : Gerakan Kota Hijau. Jakarta PT. Gramedia Pustaka Utama.

McFarland, A.W.M.T.Z.M.J . 2008. Relationship Between Student Use of Campus Green Spaces and Percapbtions of Quality of life.

Hairiah, K. 2007. Perubahan Iklim Global: Neraca Karbon di Ekosistem Daratan. Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Malang

Handayani, L. 2003. Penyusunan Tabel Volume Lokal jenis Tegakan Rhizophora apicula dan Bruguira gymnorriza di Hutan Mangrove HPH. PT. Thai Rajvithi, Riau, Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru.

ARUPA 2014. Aliansi Relawan Untuk Penyelamatan Alam : Menghitung Cadangan Karbon Di Hutan Rakyat, Panduan Bagi Para Petani Hutan Rakyat.

Hardjana, A.K. 2013. Model Hubungan Tinggi Dan Diameter Tajuk Dengan Diameter Setinggi Dada Pada Tegakan Tengkawang Tungkul Putih Dan Tungkul Merah Di Semboja, Kabupaten Sanggau.

Dina, D. 2011. Potensi Karbon Tersimpan Pada Tegakan Pinus (Pinus merkusii) Dihutan Aek Nauli Kabupaten Simalungan Sumatera Utara. Medan

Langi, R. 2011. Model pendugaan biomassa dan karbon pada tegakan Hutan rakyat Cempaka (Elmerrilli ovalis) dan Wasian Ermerrilla calebica di Kabupaten minahasa, Sulawesi Utara. Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.