Persepsi Masyarakat Kampus terhadap Kebijakan Green Campus Di Universitas Kuningan

Elsa Faulina, Iing Nasihin, Nina Herlina

Abstract


Program Kampus Hijau (Green Campus) dilatar belakangi antara lain bahwa lingkungan kampus diharapkan harus merupakan tempat yang nyaman, bersih, teduh (hijau), indah dan sehat sehat dalam menimba ilmu pengetahuan (Quways, 2015). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat kampus terhadap kebijakan Green campus di Universitas Kuningan.  Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi masyarakat kampus dengan alat pengambilan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dengan menggunakan proportionate stratified random sampling (Sugiono, 2101). Analisis data menggunakan analisi deskriftif kuantitatif. Masyarakat kampus UNIKU yang merupakan keterwakilan responden dari mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan secara umum telah mengetahui kebijakan green campus UNIKU. Namun secara formal kebijakan tesebut belum memiliki aspek legal yang berupa surat keputusan, peraturan, ataupun hal sejenis lainya. Walaupun belum memiliki aspek legal, kebijakan green campus UNIKU telah tersosialisakan dengan baik. Masyarakat kampus UNIKU secara penuh menyatakan siap untuk merealisasikan kebijakan grren campus.


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2016. UI GreenMetric Word University Ranking “Guideline of UI GreenMetric Word University Ranking” (From Policy To Action).

Anonim. 2019. UI GreenMetric Word University Rankings 2019 “Sustainable University in a Changing World: Lessons, Challenges and Opportunities”

Lakswendra, Archedia. 2013. Eco Campus (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Mahasiswa Its Terhadap Program Eco Campus). Jurnal Sosial Dan Politik. 4 (1): 1-10

Nasihin, I. D.K.Y.A. 2019. Proposal Penelitian: Analisis Implementasi Kebijakan Green Campus Universitas Kuningan. Kuningan. Universitas Kuningan.

Quways, Faiz. 2015. Pengertian istilah Kampus Hijau (Green Campus) dalam konteks pelastarian: https://www.slideshare.net/faizquways/konsep-green-campus. Diakses pada tanggal 11 April 2019.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.