Identifikasi Jenis Kerusakan Tanaman di Lingkungan Kampus I Universitas Kuningan Dalam Upaya Peningkatan Kenyamanan Kampus

Ika Karyaningsih, Windy Widiastuti

Abstract


Perlindungan tanaman sebagai upaya untuk melindungi tanaman yang merupakan unsur penting dalan ekosistem lingkungan kampus sangat perlu untuk dilakukan sebagai upaya kelestarian sumberdaya terhadap pengelolaannya. Identifikasi penting karena pada tahapan tersebut ditekankan beberapa hal pokok seperti untuk pengendalian khususnya untuk uji antagonis ataupun hanya sekedar untuk mengetahui jenis patogen yang menyerang tanaman. Tujuan Penelitian adalah mengenali bentuk-bentuk kerusakan pada tanaman dan mengetahui rangking tertinggi dari jumlah kerusakan yang terjadi pada tanaman di lingkungan kampus I UNIKU. Tipe kerusakan yang paling banyak di temui adalah  adanya jamur,   Luka terbuka,  serta perubahan daun baik bentuk maupun warnanya. Bentuk kerusakan yang banyak ditemukan adalah Bentuk tanaman tidak normal kerdil dan tidak beraturan, pemangkasan juga menyebabkan banyak perubahan pada pertumbuhan pohon dan merangsang masuknya hama/penyakit lainnya seperti rayap dan jamur, keropos dan kurang estetika. Banyak terjadi kerusakan daun dan perubahan warna daun.  Pengendalian yang perlu dilakukan adalah penggunaan insektisida untuk hama, pestisida untuk penyakit dan pengaturan penebangan serta menggunakan bahan antibiotik setelah penebangan.


Full Text:

PDF

References


Borror D.J, Charles A.T, and Norman F.J. 1996. Pengenalan Pelajaran Serangga. Partosoedjono S, penerjemah. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Terjemahan dari: An Introduction to the Study of Insect.

Prabayanti H. 2010. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Adopsi Biopestisida oleh Petani di Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar. [Skripsi]. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Suwantoro AA. 2008, Analisis Pengembangan Pertanian Organik di Kabupaten Magelang (Studi Kasus di Kecamatan Sawangan). [Tesis]. PPS Ilmu Lingkungan Universitas Diponegoro, Semarang.

Sembel DT. 2010. Pengendalian Hayati-Hama-hama Serangga Tropis dan Gulma. Andi Offset. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.