Identifikasi Serangan Hama Pada Tanaman Akasia (Acacia mangium) di IUPHHK-HTI PT. Hutan Rindang Banua Provinsi Kalimantan Selatan

Gigin Ginawan, Ilham Adhya, Ika Karyaningsih

Abstract


Penelitian mengenai identifikasi serangan hama pada tanaman akasia (Acacia mangium) di IUPHHK-HTI PT. Hutan Rindang Banua (HRB) Provinsi Kalimantan Selatan menggunakan metode Purposive Sampling  bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kerusakan yang di timbulkan oleh hama pada tanaman akasia. Penelitian dilakukan selama Oktober – November 2019 di areal PT. Hutang Rindang Banua. Dari hasil penelitian jenis hama yang menyerang daun adalah jenis hama Ulat yaitu Ulat Api (Setora nitens) menghabiskan seluruh bagian daun, Ulat Grayak (Spodoptera litura) membolongi seluruh daun dan Ulat Bulu (Orygia leucostygma) serangan nya mengakibatkan daun kering, sedangkan jenis hama yang menyerang batang adalah jenis hama Kumbang yaitu Kumbang Ambrosia (Platypus trepanatus) membuat lubang pada bagian batang untuk melepaskan spora dan simbiom jamur yang mengakibatkan layu dan mati, Kumbang Tanduk (Oryctes rhinoceros) mengupas kulit kayu dengan capitnya. Intensitas hama yang menyerang daun pada tanaman akasia sebesar 39,6%, sedangkan intensitas hama yang menyerang batang pada tanaman akasia sebesar 3,8%. Serangan hama pada daun tanaman akasia di areal PT. Hutan Rindang Banua masuk dalam kategori Sedang dan serangan hama pada batang  tanaman akasia masuk dalam kategori Ringan.


Full Text:

PDF

References


Awang, K. dan D. Taylor. 1993. Hama Acacia mangium di Hutan Tanaman Industri, Yogyakarta.

Mashudi, 2004. Pembangunan HTI Di Indonesia Sejak Tahun 1984. Bogor.

Nair, KSS and Sumardi. 2000. Insect Pest and Deseases Of Major Plantation Species. In Nair K.SS (ed) Insect and Deseases In Indonesia Forest : An Assesment Of major threats, research efforts and litelature. CIFOR. Bogor.

Purnomo Setiadi dan Husaini Usman, 2001. Metodologi Penelitian (sampling). Jakarta : Bumi Aksara.

Rukmana R dan Uu S, 2002. Hama Tanaman dan Teknik Pengendalian. Kanisius, Yogyakarta.

Suharti, S dan Amanah Widiarti 2005. Nilai Ekonomi Penurunan Daur Tebang Acacia mangium Willd di HTI PT. Arara Abadi, Riau. Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam Volume II, No. 6. Puslitbang HKA. Bogor.

Sulistianingsih, 2014. Hama dan Penyakit Tanaman Pertanian, Yogyakarta.

Susanto, A, R.Y. Purba dan C. Utomo, 2005. Penyakit-Penyakit infeksi Pada Kelapa Sawit. Buku 1, PPKS, Medan.

Suwandi, 2011. Hama dan Penyakit Tanaman Acacia mangium dan Cara Pengendalianya, Yogyakarta.

Makapur, 2018 Pengendalian Hama dan Penyakit Kelapa Sawit (Elaeis guineensis). Universitas Andalas Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.