Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) dalam Pembelajaran Biologi

Fitri Hidayahtika, Purwati Kuswarini Suprapto, Diana Hernawati

Abstract


Keterampilan literasi sains tetap menjadi tantangan utama untuk ditingkatkan melalui model pembelajaran yang aktif. Model pembelajaran RQA (reading, questioning, and answering) merupakan model pembelajaran aktif yang menekankan pada kegiatan membaca, bertanya, dan menjawab pertanyaan yang diharapkan akan mampu meningkatkan keterampilan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model RQA terhadap peningkatakan keterampilan literasi sains peserta didik pada materi sel. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan model rancangan penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di salah satu SMAN di Kota Tasikmalaya yang merupakan sekolah rujukan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) tahun ajaran 2018/2019. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu Model RQA dan variabel terikat yaitu keterampilan literasi sains peserta didik. Populasi seluruh kelas XI MIPA tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan data minat baca dari GLS, sehingga dapat ditentukan dua kelas sebagai kelas penelitian dengan perlakuan eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes keterampilan literasi sains. Data dianalisis dengan menggunakan Uji t dua sampel independent, menyatakan thitung > ttabel yaitu 3,985 > 1,997, menyimpulkan terdapat pengaruh peningkatan keterampilan literasi sains dengan menggunakan model RQA.

Kata Kunci: keterampilan literasi sains; peserta didik; RQA

Keywords


keterampilan literasi sains; peserta didik; RQA

Full Text:

PDF

References


Akmaliya, N. I., & Hapsari, A. I. (2016). Model Pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 69–80.

Bahri, A. (2016). Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) pada Perkuliahan Fisiologi Hewan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Jurnal Bionature.

Corebima, A. D., Hariyadi, S., & Zubaidah, S. (2018). Contribution of Mind Mapping , Summarizing , and Questioning in the RQA Learning Model to Genetic Learning Outcomes. 15(1), 80–88. https://doi.org/10.12973/tused.10222a

Gormally, C., Brickman, P., & Lut, M. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates’ evaluation of scientific information and arguments. CBE Life Sciences Education. https://doi.org/10.1187/cbe.12-03-0026

Haerullah, A. (2013). Pengaruh Penerapan Model Reading, Questioning, and Answering (RQA) terhadap Pengetahuan Metakognitif Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi, 2, 180–184. https://doi.org/2301-4678

Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The Meaning of Scientific Literacy. International Journal of Environmental & Science Education, 4(3), 275–288. https://doi.org/10.1007/s00103-006-0011-y

Liu, X. (2009). Beyond Science Literacy : Science and the Public. International Jurnal of Envoronmental & Science Education, 4(3), 301–311.

Maknun, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kualitas Argumen Siswa Pondok Pesantren Daarul Uluum PUI Majalengka pada Diskusi Sosiosaintifik IPA. Jurnal Tarbiyah, 21(1), 119–148.

Maulida, F., Yusrizal, & Melvina. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(2016), 77–86.

Mulyadi, Adlim, & Djufri. (2014a). Memberdayakan Kemampuan Berpikir Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA). Jurnal Biotik, 2(1), 33–37.

Mulyadi, Adlim, & Djufri. (2014b). Memberdayakan Kemampuan Berpikir Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA). Jurnal Biotik, 2(1), 33–37.

OECD. (2012). PISA 2012 Results in Focus. Programme for International Student Assessment, 1–44. https://doi.org/10.1787/9789264208070-en

Purwanto, A. (2018). Pengaruh Model Reading, Questioning, and Answering (RQA) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA PGRI 6 Banjarmasin pada Konsep Sistem Koordinasi Manusia. Jurnal Pendidikan Hayati, 4(1), 44–52.

Saptono, S., Rustaman, N. ., Saefudin, & Widodo, A. (2013). Model Integrasi Atribut Asesmen Formatif (IAAF) dalam Pembelajaran Biologi Sel untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Berpikir Analitik Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 31–40.

Sudin, Duda, H. J., & Supiandi, M. I. (2018). Pengaruh Model Reading Questioning Answering terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(1), 1–8.

Wakhidah, N. (2012). Keterampilan Membaca dan Menulis dalam Meningkatkan Berpikir Kritis dan Literasi Sains. Seminar Nasional Prodi Pendidikan Sains, 71–84.

Yaumi, Wisanti, & Admoko, S. (2017). Penerapan Perangkat Model Discovery Learning Pada Materi Pemanasan Global untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII Yaumi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sains FMIPA UNESA , e-mail : [email protected] Wisanti Dosen Jurusan Bio. E-Journal Pensa, 05(01), 38–45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.