Eksplorasi Limbah Lokal Indramayu Sebagai Bahan Baku Alat Peraga Media Analog Dan Efektivitasnya Terhadap Hasil Belajar Biologi

Nur Subkhi, Anilia Ratnasari, Idah Hamidah

Abstract


Fakta di lapangan guru memiliki keterbatasan dalam pengembangan alat peraga sebagai media ajar untuk materi yang abstrak, sehingga hasil belajar biologi siswa belum dapat mencapai KKM. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi sesuai kebutuhan peneliti dengan tahapan mengidentifikasi potensi limbah, mendesain produk, memvalidasi produk ke ahli, uji coba skala kecil, revisi produk, uji skala besar untuk data keefektifan media, analisis data menggunakan uji t untuk hasil posttest dan persentase (%) untuk data hasil obsevasi serta angket. Adapun subjek penelitian untuk uji coba skala luas yaitu 3 sekolah dimana masing-masing sekolah memiliki peringkat berbeda (sumber sumber Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provinsi Jawa Barat). Instrumen yang digunakan yaitu tes esai, lembar observasi keaktifan siswa, dan lembar angket moivasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil validasi ahli dengan kategori layak digunakan dan sedikit revisi, hasil uji skala kecil interpretasi respon siswa dengan kategori baik, hasil efektivitasnya posttes memperoleh rata-rata sebesar 15,96, hasi keaktian siswamemperoleh rata-rata sebesar 74,65 dengan kategori baik, hasil rata-rata motivasi belajar siswa 69,12 dengan kategori tinggi.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Eksplorasi Limbah Lokal Indramayu Sebagai Bahan Baku Alat Peraga Media Analog efekif terhadap hasil belajar Biologi pada pembelajaran sistem peredaran darah.

Keywords:Limbah Lokal Indramayu; Alat Peraga Media Analog; Pembelajaran Sekolah.


Keywords


Limbah Lokal Indramayu; Alat Peraga Media Analog; Pembelajaran Sekolah

Full Text:

PDF

References


Anggraini Feranita. 2016. Pengembangan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia Berbasis Barang Bekas Pada Siswa SMP N 1 Bandar Lampung. Jurnal: Bandar Lampung. FKIP Biologi Lampung.Vol.1, No.1:20-21.

Angko Nancy. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model ADDIE Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Jurnal : Surabaya. Universitas Negeri Surabaya. Vol.VII, No. 01:18-19.

Annisah, S. 2014. Alat peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbiyah, 11(1)

Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran (Ed.revisi, cetakan ke-20). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Dally, S. 2017. Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Publik 2 (11). 269-278.

Fransina T.N, & Theodora S.N.M. 2018. Pengembangan Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Kristen Artha Wacana-Kupang

Hanafi. 2017. Konsep Penelitian R & D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal saintifika Islamica. 2 (4): 129-150

Hartati. 2010. Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 6 (2) :128-132.

Jonkenedy. 2017. Penggunaan Media Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 6 Tahun ke-6

Nurmaningsih, dkk. 2013. Pengembangan Media Animasi Biologi dan Efektivitasnya terhadap Minat dan serta Hasil Belajar siswa SMA Negeri 7 Mataram. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 1 (1)

Retno, D, dkk. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa 2 (5). STKIP BBG.

Suharsimi, Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara

Suwardi, dkk. 2014. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Pembelajar Matematika Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4):297-305

Widiatmoko dan S. D. Pamelasari. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek UntukMengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. JPII.1(1): 51-56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.