Toksisitas Oil Sludge Hasil Fitoremediasi Long Term Pada Hitologis Hati Mencit (Mus Musculus)

Nana Media, Nia Rossiana, Desak Made Malini

Abstract


Lumpur minyak bumi atau Oil sludge merupakan limbah yang berasal dari kegiatan pengolahan, penyaluran dan penampungan minyak bumi, yang dapat mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan manusia. Salah satu upaya penanganan limbah oil sludge adalah dengan metode bioremediasi, yang dapat   dilakukan oleh mikroorganisme dan menggunakan tumbuhan (fitoremediasi). Penelitian Hasil fitoremediasi oil sludge dengan menggunakan konsorsium bakteri (Bacillus sphaericus, Pseudomonas sp) dan sengon (Paraserianthes falcataria) selama 30 bulan dilakukan untuk mengetahui tingkat toksisitas yang terjadi dengan menggunakan mencit (Mus musculus l) betina sebagai hewan uji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan nilai LD50 dan toksisitas dari ekstrak medium Oil Sludge pertumbuhan sengon yang telah di fitoremediasi dan mengetahui toksisitas terhadap histologis hati mencit. Pengujian toksisitas akut mengacu pada OECD 425 tahun 2001 dengan batas bawah dosis sebesar 5000 mg/kg BB. Substansi uji diberikan secara oral pada hewan uji berupa mencit (Mus musculus l) betina dengan dosis tunggal 5.500, 6.500, 7.300, 8.200, 9.100, 1.000, 12.000, 12.600 dan 17000 mg/kg BB. Parameter pengamatan meliputi gejala toksisitas, perubahan berat badan, dan jumlah hewan uji yang mati diamati selama 14 hari, sedangkan histopatologi pada organ hati diamati pada hewan uji yang mati dan yang hidup setelah periode uji selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan ekstrak medium oil sludge sengon hasil fitoremediasi 30 bulan menimbulkan gejala toksisitas dan penurunan berat badan. Berdasarkan hasil analisis Probit, nilai LD50 dari ekstrak medium oil sludge hasil fitoremediasi 30 bulan terhadap mencit diprediksi mencapai 16.982 mg/kg BB, sehingga termasuk ke dalam kategori praktis tidak toksik.


Keywords


Oil sludge, fitoremediasi, uji toksisitas, Mencit (Mus musculus)

Full Text:

PDF

References


Dellman dan Brown. 1992. Buku Teks Histologi Veteriner II Edisi 3. Penerjemah R. Hartono; Jakarta: UI Press.

Junqueira L.C., J. Carneiro, R.O. Kelley.

Histologi Dasar. Ed ke-8. Tambayang J, penerjemah. Jakarta: EGC. Terjemahan dari: Basic Histology.

Liu, W., L. Yongming, T. Ying, L. Zhengao, Q.M. Lena. 2010. Bioremediation of oil sludge-contaminated soil by stimulating indigenous microbes. Environt Geochem Health. (32): 23–29.

Lu, F.C. and S. Kacew. 2002. Lu’s Basic Toxicology: Fundamentals, Target Organs, and Risk Assessment. Fourth Eition. Taylor & Francis. London.

OECD. 2001. OECD Guideline for the Testing of Chemicals, Revised Draft Test Guideline 423, Acute Oral Toxicity- Acute Toxic Class Method,

Rossiana, N. T. Supriatun, dan Y. Dhahiyat. 2017. Fitoremediasi Oily Sludge Menggunakan Oil Bacter, Kascing, dan Sengon (Paraserianthes falcataria L. (Nielsen) Bermikoriza. Laporan Penelitian Hibah Kompetensi DIKTI- Depdiknas. Universitas Padjadjaran. Sumedang

Pala, D., D.D. Carvalho, J.C. Pinto, G.L. Sant Anna Jr. 2006. A suitable model to describe bioremediation of a petroleum- contaminated soil. J. Int. Biodeter & Biodegr. 58 (6): 254-260

PT. Pertamina (2001). Pedoman Pengelolaan Limbah Sludge Minyak Pada Kegiatan Operasi Pertamina. Jakarta: Pertamina

Wisse E, Braet F, Luo D et al. 1996. Structure and function of sinusoidal lining cell in the liver. Toxicol Pathol 24 (1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.