MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI LISTRIK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK

Dede Dahyo

Abstract


Penelitian tindakan kelas  ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil ketuntasan siswa pada materi hubungan energi dan daya listrik hanya mencapai 58% dari jumlah 33 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan terhadap siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Pasawahan Kabupaten Kuningan. Solusi tindakan yang digunakan adalah dengan menerapkan pendekatan saintifik sehingga memfokuskan siswa untuk mencari dan menggali sendiri informasi dan solusi dari masalah yang dihadapi dari materi energy listrik. . Penelitian ini dinyatakan berhasil bila kriteria ketuntasan mencapai lebih dari 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui pada siklus bahwa melalui pendekatan saintifik pada materi energy listrik nilai KKM siswa meningkat menjadi 76% dan pada siklus kedua KKM siswa meningkat kembali menjadi 91%, maka dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan prestasi siswa pada materi energy listrik pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pasawahan Kabupaten Kuningan.

 

Kata Kunci: prestasi belajar  materi energi listrik, pendekatan saintifik.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas, (2004), Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Materi Pelatihan Terintegrasi Sains PTBK, Jakarta, Depdiknas

_________, (2004), Model Pembelajaran Sains, Materi Pelatihan Sains PTBK, Jakarta, Depdiknas

_________, (2004), Landasan Teori dalam Pengembangan Model Pembelajaran Sains, Materi Pelatihan Sains PTBK, Jakarta, Depdiknas

_________, (2004), Media Pembelajaran Sains, Materi Pelatihan Sains PTBK, Jakarta, Depdiknas

_________, (2004), Penulisan Karya Ilmiah, Materi Pelatihan Sains PTBK, Jakarta, Depdiknas

_________, (2004), Penilaian Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Sains, Materi Pelatihan Sains PTBK, Jakarta, Depdiknas

Muhibbin Syah (2002), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Suryabrata (1987), Psikologi Pendidikan, Rajawali, Jakarta

Syaodih Sukmadinata (2003), Landasan Psikologi Proses Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Rizky Amelia (2013), Pendekatan saintifik, Pelatihan Pendamping Pendekatan Saintifik, Pusat Pengembangan Tendik Kemendikbud, Jakarta

Winkel, W.S (1986), Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, PT Gramedia, Jakarta

Yadi Rochyadi (2000), Kontruktivisme, Makalah disampaikan pada LKGI Biologi SMP ( tidak diterbitkan), Bandung 14-17 September 2000

Djalal, MF (1986). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Asing. Malang: P3T IKIP Malang

Hamalik Oemar. (2001).Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Saifudin Azwar. (1996). Pengantar Psikologi Intelegensi. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.