STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA ALAM CURUG NGELAY DESA BAGAWAT KECAMATAN SELAJAMBE KABUPATEN KUNINGAN

Sahidin Sahidin, Nina Herlina, Nurdin Nurdin

Abstract


Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya dan sumber daya alam. Salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia adalah ditemukannya berbagai macam tempat wisata alam dengan pesona dan ciri khas tersendiri. Kabupaten Kuningan memiliki tempat-tempat yang berpotensi menjadi destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata alam yang ada di Kabupaten Kuningan adalah Curug Ngelay yang berada di Desa Bagawat, Kecamatan Selajambe. Kondisi Curug Ngelay saat ini masih membutuhkan pengelolaan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi yang dimiliki oleh Objek Wisata Alam Curug Ngelay dan strategi dalam mengembangkan Objek Wisata Alam Curug Ngelay dengan potensi yang ada. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017 sampai dengan Januari 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui potensi adalah metode eksplorasi sedangkan untuk pengembangan strategi pengembangan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan potensi yang dimiliki oleh Objek Wisata Alam Curug Ngelay yaitu keberadaan keindahan alam, Curug Ngelay, serta Flora dan Fauna. Posisi pembangunan berada pada kuadran I. Strategi pembangunan yang diterapkan adalah dengan meningkatkan kualitas dan infrastruktur, meningkatkan kerjasama dengan masyarakat, kerjasama antara pengelola dengan masyarakat dan pengunjung.

 

Kata Kunci: Strategi; Faktor Internal dan Eksternal; Analisis SWOT; Kawasan Wisata


Full Text:

PDF

References


Ading. 2010. Studi Pengembangan Faktor Internal dan Eksternal Kawasan Wisata Alam Lembah Cilengkrang Kabupaten Kuningan (skripsi). Kuningan: Program Sarjana, Universitas Kuningan.

Aryanti, Nita Septi. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia terhadap Strategi Pemasaran dan Pelayanan di Desa Wisata Kebonagung Imogiri Bantul (tugas akhir). Yogyakarta: Program Diploma III, Universitas Gadjah Mada

Asriandy, I.2016. Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Bissapu Di Kabupaten Bantaeng [Skripsi]. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Darmawan, D. dan Fadjarajani, S. 2016. “Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Pelestarian Lingkungan dengan Perilaku Wisatawan dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan (Studi di Kawasan Objek Wisata Alam Gunung Galunggung Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya)”. Jurnal Geografi. 4 (1): Hal 37-49.

David, Fred R. Manajemen Strategi. Ed. Ke-7. Konsep. Terjemahan. (Jakarta: PT. Indeks, 2004).

Doglas, R. W. 1978. Forest Recreation. Perganion FressInc, New York.

Fandeli, C. 2002. Perencanaan Kepariwisataan Alam. Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Flamin, A. dan Asnaryati. 2013. Potensi ekowisata dan strategi pengembangan tahura nipa-nipa, kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea. Vol. 2. No. 2. Forestry Department Faculty of Agriculture Haluoleo University. Hal 154 – 156.

Jauch, L.R dan Glueck, W.F. , 1998 Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. PT. Erlangga Jakarta.

Karyono, H. 1997. Kepariwisataan PT. Remaja Rosdakarya. Jakarta.

MackKinon, J.,K. MackKinon, G. Child dan J. Thorsel. 1990. Pengelolaan Kawasan yang Dilindungi di Daerah Tropika (Terjemahan). Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Meyers, Koen. 2009. Panduan Dasar Pelaksanaan Ekowisata. Jakarta: Technical Adviser for Environmental Sciences UNESCO.

Nova. 2000. Sistem Pengelolaan Wisata Alam. Gramedia Pustaka. Bandung.

Nuryani. 2003. Pengembangan Wisata Alam di Taman Wisata Plawangan Tugo [Skripsi]. Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan Fakultas Kehutanan. Bogor.

Priakusuma, S. 1993. Ekoturisme Sebagai Pengembangan Usaha Bidang Kehutanan dimasa mendatang. Duta Rimba, 161.

Ramdani, C. 2008. Strategi Pengembangan Wisata Alam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Cibodas Cianjur Jawa Barat [Skripsi]. Universitas Indonesia Negri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2002. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Reorontasi Konsep Perencanaan Strategi Menghadapi Abad 21. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sari, Y.A.M. 2009. Peran Promosi Dan Pemasaran DalamMeningkatkan Jumlah Wisatawan Di Objek Wisata Ndayu Alam Asri [Skripsi]. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sofia Nuraeni, B. 2014. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang”. Jurnal Bisnis Strategi. 23 (1): Hal 1-20.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2013).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.

Suwantoro, G. 1997. Dasar – dasar Pariwisata. Andi, Jakarta.

Undang – Undang No 9 Tahun 1990. Tentang Kepariwisataan.

Wahab, S. 2003. Manajemen Kepariwisataan. Pradnya Paranita. Jakarta.

Yanto, I. 2010. Analisis Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Obyek Wisata Bumi Perkemahan Palutungan Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan (skripsi). Kuningan: Program Sarjana, Universitas Kuningan.

Zulhijja, L. dan Azzuhri, M. “Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap Organizational Citizenship Behavior dan Kinerja Pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri” Hal 1-14.




DOI: https://doi.org/10.25134/wanaraksa.v12i2.4570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2013-2024 WANARAKSA nomor ISSN 2776-3986 (Online-Elektronik) dan 0216-0730 (versi cetak)



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. 

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

WANARAKSA Editorial Office:
Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Universitas Kuningan
Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513, Indonesia
Phone/Whatsapp: +62 81324088139
Website: https://journal.uniku.ac.id/wanaraksa
E-mail: [email protected]