PENGARUH PEMBERIAN ZAT PENGATUR TUMBUH SERTA LAMA PERENDAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN STEK KENANGA (Cananga odorata (Lam.) Hook.f & Thomson)

Egy Silvani Pratama Putri, Ai Nurlaila, Ika Karyaningsih

Abstract


ABSTRAK. Kenanga merupakan jenis pohon penghasil bunga yang memiliki keharuman yang khas. Bunga kenanga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan minyak atsiri karena baunya yang harum. Di Kuningan, pohon kenanga sudah dikenal banyak orang. Karena kurangnya minat masyarakat untuk membudidayakannya, lama-kelamaan tanaman kenanga semakin jarang ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, interaksi, dan perlakuan terbaik pemberian zat pengatur tumbuh dan lama perendaman terhadap pertumbuhan stek kenanga. Penelitian eksperimental ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial dengan 2 faktor perlakuan yaitu ZPT dan lama perendaman dengan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali. Data akan dianalisis menggunakan Analisis Variansi (ANOVA) dan jika terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil analisis variasi, maka selanjutnya dilakukan uji beda nyata dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil ragam menunjukkan bahwa perlakuan ZPT dan waktu perendaman secara mandiri tidak berpengaruh nyata terhadap parameter jumlah tunas dan tinggi tunas. Sedangkan interaksi antara ZPT dan waktu perendaman berpengaruh nyata terhadap jumlah parameter tunas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan Z2P3 (Rootone-F 200 ppm dengan lama perendaman 3 jam) menunjukkan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan stek kenanga.

Kata Kunci: Kenanga; Zat Pengatur Tumbuh; Rootone-F; Ekstrak Bawang Merah; Lama Perendaman


Full Text:

PDF

References


Achmad, B. 2016. Efektivitas Rooton-F, Air Kelapa Muda dan Ekstrak Bawang Merah dalam Merangsang Pertumbuhan Stek Batang Pasak Bumi. Jurnal Hutan Tropis, 4(3): 224 – 231. ISSN 2337-7771.

Bambang, N. 1998. Menyetek dengan Bumbu Dapur. Jakarta: Trubus.

Campbell, Neil. A., Jane. B. Reece, dan Lawrence. G. Mitchell. 2003. Biologi Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Danu dan Tampubolon. 1993. Pengaruh Jumlah Mata Ruas Stek dan Konsentrasi IBA Terhadap Pertumbuhan Stek Batang Gmelina arborea LIIN. Balai Penelitian dan Pengembangan Kehutanan. Balai Teknologi Perbenihan

Elisabeth. 2004. Pengaruh Rootone-F dan Ukuran Diameter Stek Terhadap Pertumbuhan dari Stek Batang jati (Tectona grandis L.F). [skripsi]. Ambon: Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura.

Hartmann, H.T., Kester, D.E., Davies, F.T., and Geneeve, R.L. 1997. Plant Propagation Principle and Practice (6th ed.). New Jersey (USA): Prentice Hall, Inc., Engelwood.

Herudin, I. 2011. Uji Efektivitas Pengatur Tumbuh (Rootone-F dan Atonik) Terhadap Pertumbuhan Stek Kenanga (Cananga odorata (Lam.) Hook.F. & Thomson). [skripsi]. Kuningan: Fakultas Kehutanan, Universitas Kuningan.

Hobir, Tarigans, D.D., dan Hamid, A. 1989. Minyak Atsiri (Kenanga, Mentha, Serai wangi). Edisi Khusus Littro 5(1): 12-23.

Julianto, T.S. 2016. Minyak Atsiri Indonesia (1st ed.). Yogyakarta (ID): Penerbit Deepublish.

Manurung, S. O. 1987. Status dan Potensi Zat Pengatur Tumbuh serta Prospek Penggunaan Rootone-F dalam Perbanyakan Tanaman. Bandung: Angkasa.

Mattjik A.A dan Sumertajaya. 2006. Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan MINITAB (Vol. 1). Bogor: IPB Press.

Soepardi, G. 1983. Dasar-dasar Ilmu Tanah. Bogor: Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Sunanto, H. 1993. Budidaya Kenanga. Yogyakarta (ID): Penerbit Kanisius.

Wiratri, N. 2005. Pengaruh Cara Pemberian Rootone-F dan Jenis Stek Terhadap Induksi Akar Stek Gmelina (Gmelina Arborea Linn). Bogor: Institut Pertanian Bogor (IPB).

Wudianto, R. 1993. Membuat Setek, Cangkok, dan Okulasi. Jakarta: Penebar Swadaya.




DOI: https://doi.org/10.25134/wanaraksa.v13i01.4648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2013-2024 WANARAKSA nomor ISSN 2776-3986 (Online-Elektronik) dan 0216-0730 (versi cetak)



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. 

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

WANARAKSA Editorial Office:
Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Universitas Kuningan
Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513, Indonesia
Phone/Whatsapp: +62 81324088139
Website: https://journal.uniku.ac.id/wanaraksa
E-mail: [email protected]