PENGUASAAN KALIMAT PADA ANAK HAMBATAN NEUROLOGIS DI SLB NEGERI BRANJANGAN JEMBER

Zakiyah Kamiliyah, Luluk Sri Agus Prasetyoningsih, Nur Fajar Arief

Abstract


ABSTRAK: Seseorang dapat berkomunikasi dengan baik dan benar terhadap lingkungan sekitarnya apabila bisa menggunakan kalimat yang utuh dan mempunyai makna. Oleh karena itu, persyaratan yang harus dipenuhi dalam berkomunikasi yang baik adalah menguasai kalimat sehingga dapat diaplikasikan dalam berkomunikasi. Penguasaan kalimat merupakan penguasaan yang penting untuk dimiliki. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan penguasaan kalimat pada siswa tunagrahita dan siswa down syndrome. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Anak hambatan neurologis khususnya siswa tunagrahita dan siswa down syndrome di SLB Branjangan Jember merupakan sumber data penelitian ini, sedangkan datanya diambil dari kalimat-kalimat yang dihasilkan oleh anak hambatan neurologis dalam bentuk lisan dan tulis. Adapun hasil penelitian ini ditemukan penguasaan kalimat pada siswa tunagrahita dalam bentuk lisan adalah kalimat tunggal, kalimat majemuk, kalimat berita, dan kalimat perintah. Sedangkan dalam bentuk tulis adalah kalimat tunggal, kalimat majemuk, dan kalimat berita. Adapun penguasaan kalimat pada siswa down syndrome dalam bentuk lisan adalah kalimat tunggal dan kalimat berita. Sedangkan dalam bentuk tulis adalah kalimat tunggal dan kalimat berita.

KATA KUNCI: Down syndrome; penguasaan kalimat; tunagrahita

SENTENCE MASTERY IN CHILDREN WITH NEUROLOGICAL BARRIERS AT BRANJANGAN STATE SLB JEMBER

 

ABSTRACT: person can communicate well and correctly with the surrounding environment if they can use sentences that are complete and have meaning. Therefore, the requirement that must be met in good communication is to master sentences so that they can be applied in communication. Sentence mastery is an important mastery to have. Therefore, this research aims to describe and explain sentence mastery in mentally retarded students and Down syndrome students. This research is a qualitative descriptive study. Children with neurological disabilities, especially mentally retarded students and Down syndrome students at SLB Branjangan Jember, are the data sources for this research, while the data is taken from sentences produced by children with neurological disabilities in oral and written form. The results of this research found that mentally retarded students' mastery of sentences in spoken form were single sentences, compound sentences, news sentences, and command sentences. Meanwhile, in written form there are single sentences, compound sentences and news sentences. The sentence mastery of Down syndrome students in oral form is single sentences and news sentences. Meanwhile, in written form, it is a single sentence and a news sentence.

KEYWORD: Down syndrome; sentence mastery; mentally disabled


References


Agustina, L., & Cahyani, I. Pemerolehan Morfem Afiks Anak Tunagrahita di SMP LB Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional Linguistik VII,Vol 1. (Online), (https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/ocspbsi/article/view/827) , diakses 11 Desember 2021.

Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Amanullah, A. S. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita, Down Syndrom Dan Autisme. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-13. (Online), (http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/990 ) diakses 16 September 2022.

Budianingsih, T. (2017). Peran neurolinguistik dalam pengajaran bahasa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 3(2), 137-149. (Online), (https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/view/203), diakses 09 Juni 2021.

Hernawati, T. (2007). Pengembangan kemampuan berbahasa dan berbicara anak tunarungu. Jurnal JASSI_anakku, 7(1), 101-110.(Online), (http://103.23.244.11/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196302081987032-TATI_HERNAWATI/jurnal.pdf) diakses 11 Desember 2021

Iskandarwassid, dkk. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja.

Kapoh, R. J. (2010). Beberapa faktor yang berpengaruh dalam perolehan bahasa. Jurnal Interlingua, 4(9).(Online), (https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/54338333/faktor_pemerolehan_bahasa_anak-with-cover-page-v2.pdf?Expires) diakses 11 Desember 2021.

Nirmawan, N. (2016). Pemerolehan Dan Pengajaran Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Pertama Dan Kedua Ditinjau Dari Variable Otak Dan Lad. Metamorfosa Journal, 3(2). (Online), (https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/132 ) diakses 25 Januari 2022.

Prasetyoningsih, L. S. A. 2013. Pembelajaran Bahasa Tulis Pada Anak Autis Gangguan Interaksi Sosial. Prosiding Seminar Nasional. ( Online) (http://repository.unisma.ac.id/bitstream/handle/123456789/1940/2013a%20Artikel%20Pembelajaran%20Bahasa%20Tulis%20ABK.pdf?sequence=3&isAllowed=y ) diakses 19 September 2022.

Prasetyoningsih, L. S. A. 2020. Pembelajaran Keterampilan Literasi Permulaan Anak Disabilitas Autis Dengan Strategi ABA Modifikasi Pada Masa Pandemi Covid-19. NOSI. Vol 8, No 2. (http://repository.unisma.ac.id/bitstream/handle/123456789/1941/2020%20JURNAL%20NASIONAL%20Cov%2c%20Daf%20Isi%20dan%20Nosi%20vol%208%20no%202%20Agustus%202020.pdf?sequence=2&isAllowed=y) diakses 20 Juni 2022.

Prasetyoningsih, L. S. A., Arief, H. N. F., & Muttaqin, K. 2021. KETERAMPILAN BERBICARA Tinjauan Deskriptif dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Literasi Nusantara.

Prayitno, J. 2014. Ragam bahasa lisan dan tulisan siswa kelas X jurusan akomodasi perhotelan SMK Negeri 3 Bogor Tahun Pelajaran 2013-2014. LOKABASA, 5(1). (https://ejournal.upi.edu/index.php/lokabasa/article/view/3156/2176 ) diakses 10 September 2022.

Rohayati, E. (2012). Pengembangan bahasa ibu (bahasa sunda) yang berkarakter untuk anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).(Online), (https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10337) diakses 15 Desember 2021.

Isyah, MS. 2019. Pemerolehan Bahasa pada Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Jepara (Kajian Psikolinguistik). (Disertasi Doktor, Universitas Diponegoro).(Online) (http://eprints.undip.ac.id/70185/1/Jurnal-Isyah_Maharas.pdf) diakses 10 Juni 2021.

Sari, S. F. M., Binahayati, B., & Taftazani, B. M. 2017. Pendidikan bagi anak tuna grahita (Studi kasus tunagrahita sedang di SLB N Purwakarta). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).(Online) (https://journal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/14273/6900) diakses 10 Juni 2021.

Setiyadi, A. C., & Salim, M. S. U. 2013. Pemerolehan bahasa kedua menurut Stephen Krashen. At-Ta'dib, 8(2).(Online) (https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/504/445) diakses 20 Februari 2021.

Setyawan, W. 2021. Proses Pemerolehan Bahasa Kedua pada Peserta Didik Sabah Malaysia di SMK Brantas Karangkates. Vol 9, No 2. (Online), (http://riset.unisma.ac.id/index.php/NOSI/article/view/11212 )

Syamsiyah, D. (2017). Analisis Deskriptif Teori Pemerolehan Bahasa Kedua. Al-Manar, 6(2).(Online) (https://www.journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/26/5) diakses 20 Februari 2021.

Tarmini, W.,& Sulistyawati, R. 2019. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: UHAMKA .




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v20i1.9409



Copyright (c) 2024 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]