IMPROVING CRITICAL THINKING AND CREATIVITY OF BIOTECHNOLOGY STUDENTS THROUGH PJBL-STEM ONLINE PRACTICUM
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Barlenti, I., M, Hasan, & Mahidin. (2019). Pengembangan LKS berbasis Projest Based Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 81-86.
Fitriyana., Toto., & Erlin. (2020). Implementasi model PjBL-STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 1-6.
Hasanah., & Luthiyatun. (2019). Pengembangan modul bioteknologi berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, And Mathematics) dilengkapi animasi flash untuk pembelajaran Biologi di SMA/MA. 65-75.
Hilna. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (Daring) masa pandemi Covid-19. Journal Elementary Education, 4(4).
Juhariyah., Suwono., dan Ibrohim. (2017). Scince, Technology, engineering and mathematics project based learning. Jurnal pendidikan sains IPA, 2, 2-7.
Lepiyanto. (n.d). Implementasi Lesson study pada metode numbered heads together dipadu dengan team games tournament untuk pengembangan karakter siswa kelas x sma negeri 1 kepnjen. Jurnal Bioedukasi, 3(2).
Morris., & Ennis. (1996). Critical thinking. Prentice Hall Inc.
Nurhikmayati. (2019). Implementasi STEAM dalam pembelajaran matematik. Jurnal Didaktikel mathematics. Universitas Majalengka. 2(2), 22-25.
Puspitasari. (n.d). Panduan penulisan soal HOTS.pusat penilaian pendidikan. 41-42
Ratna. (2019). Pengaruh metode CTL dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar ipa siswa kelas. Jurnal Pendidikan, 6(2), 254-258.
Sholikah, M. (2019). Peningkatan literasi biologi dalam penggunaan pembelajaran menggunakan inkuiri terbimbing di SMAN 1 Susukan. Jurnal Alam Indonesia. 7(2), 1-9.
Susantini. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik dalam praktikum biokimia. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol 9(1), 61-80.
Tiruneh, D.T., De Cock, M., & Elen, J. (2019). Designing learning environments for critical thinking: Examining effective approaches. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(6), 1065-1089.
Tsybulky., & Rozanoy. (2019). Model Project Based Learning (PJBL) terintegrasi STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(2), 93-98.
DOI: https://doi.org/10.25134/ijli.v7i1.9949
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Learning and Instruction
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.