PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Intan Nurlianti, Ari Septian, Guntur Maulana Muhammad

Abstract


Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA masih dibawah rata-rata. Kemampuan pemecahan masalah matematis perlu dikuasai oleh siswa karena merupakan salah satu tujuan dalam pembelajaran matematika. Video pembelajaran merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan video pembelajaran lebih baik dari siswa yang tidak menggunakan video pembelajaran, ketercapaian indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa,  serta mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan video pembelajaran.  Metode penelitian ini adalah metode kuasi ekspesimen dan desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Tanwiriyyah. Sampel diambil hanya dua kelas secara purposive sampling yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan video pembelajaran lebih baik, indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan video pembelajaran tercapai dengan kualifikasi sangat baik dan baik, sikap siwa terhadap penggunaan video pembelajaran dalam pembelajaran matematika positif.

Keywords


kemampuan pemecahan masalah; media pembelajaran; video pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Amam, A. (2017). Penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 2(1), 39–46.

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. PT Remaja Rosdakarya.

Bell, F. H. (1978). Teaching adn Learning Mathematics . Brown Company Publisher.

Campbell, D. T., Stanley, J. C., Mifflin, H., Boston, C., Geneva, D., Hopewell, I., Palo, N. J., & London, A. (1963). EXPERIMENTAL AND QUASI-EXPERIMENT Al DESIGNS FOR RESEARCH.

Choerunnisa, C., Rahmadani, R. A., & Tiaraningsih, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Eksponensial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 3(1), 254–260.

Damayanti, N., Bina Widya, K. K., & Baru, S. (2022). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. 11(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dewi, R. K., MUJIWATI, E. S. R. I., & ZUNAIDAH, F. N. (2020). META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KOMPETENSI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Dilakukan, D. (2019). OECD Multilingual Summaries PISA 2018 Results ( Volume I ) What Students Know and Can Do Hasil PISA 2018 ( Volume I ). I(Volume I), 2018–2020.

Djamilah, O., & Widjajanti, B. (2009). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA: APA dan BAGAIMANA MENGEMBANGKANNYA. In Seminar Nasional FMIPA UNY (Vol. 5). http://www.foxitsoftware.com

Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. PT. Refika Aditama.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Gusmania, Y., & Wulandari, T. (2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Pythagoras, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.33373/PYTHAGORAS.V7I1.1196

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79.

Harefa, D., & Laia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. 329–338.

Harefa, D., Tansil Laia, H., & Nias Selatan, S. (n.d.). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.329-338.2021

Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19424

Jennah, R. (2009). Media Pembalajaran. Antasari Press.

Khotimah, K., Yuwono, I., & Rahardjo, S. (2016). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 46–52.

Komala, E. (2016). Penelitian Pendidikan Matematika.

Lestari, S. D., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113-128.

Marisa. (2012). Komputer dan Media Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Megawati, C. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran BIPA Tingkat Menengah Melalui E-Book Interaktif di Programincountry Universitas Negeri Malang Tahun 2014. NOSI, 2(1), 62–70.

Muhammad, G. M., Septian, A., Sofa, M. I., Matematika, P., Suryakancana, U., Raya, J. P., Cianjur, K., Barat, J., Raya, J. P., Cianjur, K., & Barat, J. (2018). P ENGGUNAAN M ODEL P EMBELAJARAN C REATIVE P ROBLEM S OLVING UNTUK Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 7(September).

Munir, R. N. (2013). Multimedia Konsep dan Plikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.

Netriwati, M. S. L., & Lena, M. S. (2018). Media pembelajaran matematika. Bandar Lampung: Permata Net.

Nisrina, N. (2018). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 1 (3), 294--303.

Nurhasanah, F., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI BARISAN DAN DERET UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 14(2), 104-117.

Nurhayati, E., Mulyana, T., Avip, B., & Martadiputra, P. (2016). Penerapan Scaffolding untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 2(2), 107–112.

Nurlaila, N. (2013). Pembelajaran fisika dengan PBL menggunakan problem solving dan problem posing ditinjau dari kreativitas dan keterampilan berpikir kritis siswa. UNS (Sebelas Maret University).

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan pembelajaran.

Polya, G. (1985a). How to Solve It A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.

Polya, G. (1985b). How to Solve It A New Aspect of MAthematical Method. Princeton University Press.

Pratiwi, R., & Hidayati, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMK Berdasarkan Tahapan Polya. 8(1), 256–263. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1978

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. 3, 42–47.

Ramadhana, L. R., Karim, K., & Amalia, R. (2018). Pengaruh Model Double Loop Problem Solving (DLPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).

Riyana, C. (2007). Implementasi Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sekolah. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 3(2).

Ruseffendi, E. T. (n.d.). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru (Vol. 1991).

Septian, A. (2014). Penelitian Pendidikan Matematika. Buku Ajar Penelitian Eksperimen Pada FKIP.

Sofyan, Y., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 129-142.

Suherman, E., & others. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Jica.

Sumarni, S. (2018). Profil keterampilan mengembangkan media pembelajaran matematika mahasiswa calon guru matematika.

Sumarni, S., Darhim, D., & Fatimah, S. (2021). Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru matematika sekolah menengah berdasarkan tahapan polya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1396-1411.

Sundayana, R. (2013). Media pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. John WIley & Sons.

Wahyuni, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Menggunakan Langkah-langkah Polya pada Materi Trigonometri Kelas X MIPA SMAN 14 Padang. Universitas Negeri Padang.

Wardhani, S. (2010). Implikasi karakteristik matematika dalam pencapaian tujuan mata pelajaran matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: Depdiknas PPPPTK.

Widiarso. (2011). Uji Hipotesis Komparatif. FP UGM.

Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru matematika: apa dan bagaimana mengembangkannya. Seminar Nasional FMIPA UNY, 5.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2). https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v10i1.8268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Intan Nurlianti, Ari Septian, Guntur Maulana Muhammad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.