PERANCANGAN DATA WAREHOUSE DAN PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENDUKUNG SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS KUNINGAN

Aah Sumiah

Abstract


Abstrak

 

       Kualitas pendidikan yang baik merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap lembaga pendidikan. Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang secara dinamis maka lembaga pendidikan diharuskan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan. Untuk mencapai tujuan tersebut masing masing lembaga berlomba untuk menghasilkan inovasi dan model pendidikan yang baik. Lembaga pendidikan yang dapat memanfaatkan ketersediaan informasi yang tepat sangat berpengaruh pada meningkatnya kualitas layanan kepada mahasiswa dan membantu menghasilkan keputusan bisnis yang tepat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model data warehouse Sistem Informasi Akademik Universitas Kuningan dan menghasilkan pola  data mining pada data penerimaan mahasiswa baru untuk mengetahui kemungkinan calon mahasiswa melakukan registrasi ulang atau tidak sehingga jika pengunduran diri calon mahasiswa baru dapat diketahui lebih dini diharapkan akan membantu pihak manajemen kampus dalam mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan calon mahasiswa tersebut.

Penelitian ini menggunakan dua teknik pemodelan yaitu model schema star untuk data warehouse dan model classification dengan teknik decision tree untuk data mining.

 

Keyword : Data warehouse, data mining, classification, dan decision tree


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Cloud Information



CLOUD INFORMATION JOURNAL : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM

e-ISSN:2614-543X , p-ISSN: 2527-5224

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/cloudinformation
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.