PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA KONSEP SPESIASI

Lilis Lismaya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada konsep spesiasi.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi-experimental research) dengan subjek penelitian mahasiswa prodi pendidikan biologi sebanyak dua kelas terdiri dari 1 kelas eksperimen dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan 1 kelas kontrol dengan menggunakan Pembelajaran Pemecahan Masalah. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah The Matching-only Pretest-Posttest Control Group Design . Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hasil uji t kemampuan berpikir kritis menunjukkan signifikasi 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan berpikir kritis. Indeks gain kemampuan berpikir kritis = 0,463 termasuk kategori sedang. Hampir seluruhnya (75%) tanggapan mahasiswa pada pembelajaran spesiasi melalui pembelajaran berbasis masalah adalah positif. 

 

Kata kunci : Kemampuan berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, konsep spesiasi.


Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W. & D.R. Krathwohl. (2001). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran Dan Asesmen Agung Prihantoro (penerjemah). Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, seventh edition. Mc Graw-Hill Companies. New York

Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Aunurrahman. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.

Bilgin, I.,Senocak, E. (2009). : “The Effect of Problem Based Learning Instruction on University Students’ Performance of Conceptual and Cuantitative Problemsâ€. Eurasial Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 5, (2),153-164.

Dahar,R.W. (1996). Teori-Teori Belajar: Jakarta, Penerbit Erlangga

Delisle, Robert. (1997). How to Use Problem-Based Learning in the Classroom. USA : ASCD.

Elaine H. J. Yew. Esther Chng. Henk G. Schmidt. (2011). : “Is learning in problem-based learning cumulative?â€. Adv in Health Sci Educ 16:449–464.

Folmer, V. dan Nilda B. (2009). :â€Experimental activities based on ill-structured

problems improve Brazilian school students’understanding of the nature of scientific knowledgeâ€. Revista Electrónica de Enseñanza de las Ciencias. 8, (1).

Jhonson L.V. & Jhonson, A.B. 1970. Classroom Management. London: MacMillan.

Joyce B, Weil M, Calhoun E. (2009). Models Of Teaching. Ahmad F, Ateilla M (penerjemah). Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Kunandar. (2009). Dosen Profesional: implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Munir. (2008). Prinsip Dasar Pembelajaran Aktif. Bandung: UPI dan CV. Alfabeta

Nachamma Sockalingam, N. dan Schmidt.H.G. (2011). “Characteristics of Problems for Problem-Based Learning: The Students’ Perspectiveâ€. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning. 5, (3)..

Richard J. Stiggins. (1994). Student – Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan

Robert H.Ennis. (1996). Critical Thinking. New York : New York Times Company

Sagala,S., (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung, Alfabeta.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Putra Grafika.

Serene S. Y., Jerome I. Rotgans.,Elaine H. J. Yew.,Henk G. Schmidt. (2011). : â€Effect of worksheet scaffolds on student learning in problem-based learningâ€. Adv in Health Sci Educ.16, 517–528.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alvabeta cv.

Sri Sukaesih. (2010). Pembelajaran Berbasis Praktikum dengan Menerapkan Asesmen Tes Lisan Pada Topik Keanekaragaman hayati Untuk mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Tesis UPI Bandung : Tidak Diterbitkan.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis Dan Implementasinya. Jakarta. Prestasi Pustaka.

Yenice, Nilgun. (2011). : “Investigating pre-service Science Teachers’ Critical Thinking Dispositions and Problem Solving Skills in Terms of Different Variablesâ€. Educational Research and Reviews. 6, (6), 497-508.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SLOT ONLINE

SLOT ONLINE

SLOT GACOR

SLOT GACOR

SLOT GACOR

SLOT GACOR

SLOT GACOR

SLOT GACOR

SLOT GACOR

SLOT GACOR

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BACKLINK BOKEP INDO BY SEO JEMBUT

BACKLINK BOKEP INDO BY SEO JEMBUT

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

">BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

">BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

">BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BACKLINK BOKEP INDO BY SEO JEMBUT

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BACKLINK BOKEP INDO BY SEO JEMBUT

https://spbuciliwung.com/

http://202.4.189.210/

https://abkrusia.tabitha.com/

http://188.166.187.228/nginx/

https://thinkcat.mywhc.ca/menyalaabangku/

https://thinkcat.mywhc.ca/sawercuan/

https://h2h.web.uinjambi.ac.id/

https://www.pasar.klungkungkab.go.id/js/

https://sijangkar.perhubungan.jatengprov.go.id/assets/js/

https://salto.poltekip.ac.id/css/

https://www.appem.kuningankab.go.id/img/

https://bandungkab.go.id/tests/

https://dev.layana.id/pemeriksaan/

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.