HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN METAKOGNITIF SISWA KELAS X PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 CIAWIGEBANG

Indah Nur Fitriani, Anna Fitri Hindriana, Haruji Satianugraha

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemikiran bahwa salah satu kompetensi yang dikembangkan melalui pembelajaran biologi adalah kemampuan pemecahan masalah, salah satu cara untuk menganalisis suatu masalah dan memecahkan permasalahan adalah menggunakan kemampuan metakognitif dengan mengembangkan sikap self regulated learning. Model pembelajaran inquiry merupakan salah satu model pembelajaran yang menggunakan masalah nyata sebagai pengantar dalam pembelajarannya. Pengukuran kemampuan metakognitif dengan menggunakan tes essai sedangkan pengukuran self regulated learning degan menggunakan angket. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  seberapa besar hubungan antara self regulated learning dengan kemampuan metakognitif pada pembelajaran biologi. Penilitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan Posttes Only Control Design, dan dilaksanakan pada tanggal 21 April sampai 29 April 2014. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciawigebang tahun ajaran 2013-2014 sebanyak 340 siswa, pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan clusterandom sampling. sample yang digunakan sebanyak dua kelas, keduanya dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 80 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes essai. Berdasarkan hasil perhitungan statistic diperoleh skor rata-rata self regulated learning sebesar 65,79 dengan standar deviasi (S) sebesar 4,85 dan skor rata-rata kemampuan metakognitif sebesar 83,83 dengan standar deviasi (S) sebesar 5,14. Dari perhitungan korfisien korelasi diperoleh nilai sebesar 0,762. Koefisien korelasi antara self regulated learning dengan kemampuan metakognitif menunjukan adanya korelasi yang positif., sedangkan kontribusi variabel self regulated learning terhadap kemampuan metakognitif diperoleh dari koefisien determinasi sebesar 0,580. Hal ini menunjukkan bahwa variabel self regulated learning mempengaruhi 58% terhadap kemampuan metakognitif.  Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini yaitu terdapat korelasi positif antara self regulated learning dengan kemampuan metakognitif siswa kelas X pada konsep limbah dan daur ulang limbah di SMA Negeri 1 Ciawigebang

Kata Kunci : Self Regulated Learning, Kemampuan Metakognitif


Full Text:

PDF

References


Adicondro, N. & Purnamasari, A. (2011). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self Regulated Learning pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Humanitas. http://www.journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/article/download/230/78 (Diakses 14 mei 2014,14.00 WIB)

Arikunto,Suharsimi.(2006).Prosedur penelitian.Jakarta: Rineka cipta.

Ayu, diah P.B.2009.Hubungan antara Self Reguleted Learning dan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SMA.Skripsi.Semarang.Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata. http://eprints.unika.ac.id/2934/1/05.40.0150_Dyah_Ayu_Pitaloka_Barata.pdf (Diakses 2 Mei 2014, 19.00 WIB)

Bandura.1991.Social Cognitive Theory Of Self Regulation. http://www.uky.edu/~eushe2/Bandura/Bandura1991OBHDP.pdf (Diakses 3 Juni 2014 08.30 WIB)

Darmayanti, Tri. 2008. Efektifitas Intervensi Keterampilan Self Regulated Learning dan Keteladanan Dalam Meningkatkan Kemampuan dan Belajar Mandiri dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. http://lppm.ut.ac.id/htmpublikasi/tri.pdf (Diakses 15 Mei 2014, 08.00 WIB)

Elvina Amelia.Hubungan Self regulated Learning dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMUN 53 di Jakarta Timur. http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/psychology/2008/Artikel_10404005.pdf (Diakses 07 Juni 2014, 16.00 WIB)

Galat, Zulto. 2013. Metakognitif dalam pembelajaran. http://zultogalatp.wordpress.com/2013/06/15/metakognitif-dalam-pembelajaran/ (Diakses 28 Mei 2014, 19.00)

Hafiz, Muslihin. (2012). Model – Model Pembelajaran Inquiry.[online] Tersedia : http://www.referensimakalah.com/2012/10/model-pembelajaran-inquiry-inkuiri.html (Diakses 26 April 2014, 09.00)

Istamar Syamsuri, dkk. Biologi 1B untuk Kelas X Semester 2, Penerbit Erlangga

Krathwol, R.David,dkk. (2010).Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen.Yogyakarta.Pustaka Pelajar.

Latipah, Eva. Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar. Tersedia on-line http://jurnal.psikologi.ugm.ac.id/index.php/fpsi/article/view/43/32 (Diakses 20 April 2014, 21.00 WIB

Livingstone, J. A. 1997. Metacognition: An Overview. (Online), http://gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/metacog.htm (Diakses 2 Juni 2014, 13.00 WIB)

Pebriyanti, yanti.2012.Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Metakognitif Siswa Kelas XPada Konsep Limbah dan daur Ulang Limbah Di SMA Negeri 3 Kuningan. .Skripsi.Kuningan.FKIP UNIKU : skripsi tidak diterbitkan

Pintrich. (1995). Promotion Of Self Regulated Learning.http://dwb.unl.edu/Book/CH09/Chapter09w.html. (Diakses 17 Mei 2014, 08.30 WIB)

Sudrajat,Akhmad.(2010).PembelajaranInkuiri.http//akhmadsudrajat.wordpess.com/2011/09/12/pembelajaran-inkuiri/. (Diakses 18 Mei 2014, 11.00 WIB

Sugioyono.(2013).Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Alfabeta

Thohari. Khamim Drs. Peningkatan kemampuan problem solving Melalui peningkatan kemampuan Metakognisi. http://khamimthohari.files.wordpress.com/2012/06/metakognisi.pdf (Diakses 21 Mei 2014, 17.00 WIB)

Trianto.2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif.Jakarta; Kencana

Winne.dkk.2001. Methodological Issues And Advances In Researching Tactics, Strategies, And Self-Regulated Learning. http://www.sfu.ca/~winne/EDUC%20971/Winne,%20Jamieson.pdf

Wolters, C. A. (1998). Self-Regulated Laearning and College Students Regulation of Motivation. Journal of Educational Psychology

Zimmerman, B. J. & Pons, M. M (1988). Construct Validation of A Strategy Model of Student Self-Regula ed Laearning. Journal of Educational Psychology


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SLOT ONLINE

SLOT ONLINE

SLOT GACOR

SLOT GACOR

SLOT GACOR

SLOT GACOR

SLOT GACOR

SLOT GACOR

SLOT GACOR

SLOT GACOR

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BACKLINK BOKEP INDO BY SEO JEMBUT

BACKLINK BOKEP INDO BY SEO JEMBUT

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

">BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

">BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

">BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BACKLINK BOKEP INDO BY SEO JEMBUT

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BOKEP INDO

BACKLINK BOKEP INDO BY SEO JEMBUT

https://spbuciliwung.com/

http://202.4.189.210/

https://abkrusia.tabitha.com/

http://188.166.187.228/nginx/

https://thinkcat.mywhc.ca/menyalaabangku/

https://thinkcat.mywhc.ca/sawercuan/

https://h2h.web.uinjambi.ac.id/

https://www.pasar.klungkungkab.go.id/js/

https://sijangkar.perhubungan.jatengprov.go.id/assets/js/

https://salto.poltekip.ac.id/css/

https://www.appem.kuningankab.go.id/img/

https://bandungkab.go.id/tests/

https://dev.layana.id/pemeriksaan/

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.