Evaluasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Komparatif pada SMK Negeri dan Swasta di Provinsi Banten)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pengelolaan dana bantuan sekolah(BOS) di SMK Negeri 3 Tangerang Selatan serta SMK Assalam Jayanti Kota Tangerang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan konsep studi kasus. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan pendekatan Miles dan Huberman. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
di SMK yang dijadikan sampel cenderung sudah baik dan sesuai dengan Juknis BOS
tetapi masih perlu mengalami perbaikan-perbaikan. Meskipun sampel memiliki
karakteristik yang berbeda, namun kendala yang ditemui dalam proses pengelolaan dana
BOS yang dilakukan relatif memiliki kesamaan. Kendala utama dari pengelolaan dana
BOS berkaitan dengan keterlambatan pencairan, kelengkapan berkas dalam
pembukuan, hingga penentuan skala prioritas penggunaan anggaran yang relatif belum
terencana dengan baik. Ditemukan juga bahwa pengelolaan anggaran dana BOS yang
dilakukan SMK negeri seperti SMKN 3 Tangsel cenderung lebih taat Juknis, tertib
administrasi, memilki SDM pengelolaan yang kompeten, serta menerapkan prinsip
transparansi dan akuntabilitas yang lebih baik. Namun demikian, dari aspek inovasi
pengelolaan keuangan SMK swasta seperti Assalam Jayanti swasta lebih memiliki tekad
yang kuat untuk bertahan dengan mecari pendanaan-pendanaan tambahan yang kreatif
dalam menutupi kekurangan dana BOS.
Kata Kunci : BOS, Pelaporan, Pengelolaan
References
DAFTAR PUSTAKA
Fitri, A. ; M. ; B. (2019). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan
Dana Bantuan Operasional Sekolah ( BOS) Pada SMP Negeri Di
Kota Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan
Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 7(1), 1–6.
Hakim, D. R., & Rosini, I. (2018). Metode Penulisan Ilmiah. Tangerang
Selatan: Unpam Press.
Hakim, D. R., & Suhendar, D. (2019). DETERMINAN OPTIMALISASI
KINERJA ORGANISASI DENGAN MODMED VARIABEL ANALISIS
(Studi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten
Kuningan). Bisnis Net, 2(2), 23–34.
Mardiasmo. (2006). Perwujudan Transparansi dan Akuntabilitas Publik
Melalui Akuntansi Sektor Publik: Suatu Sarana Good Governance.
Jurnal Akuntansi Pemerintah.
Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi Offset.
Pontoh, J., Ilat, V., & Manossoh, H. (2017). Analisis Pengelolaan Dana
Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ) pada Satuan Pendidikan Dasar
di Kota Kotamobagu. (1), 223–232.
Salman, I., Warjio, & Isnaini. (2018). Analisis Bantuan Operasional
Sekolah Kepada Yayasan Perguruan Almanar. Jurnal Administrasi
Publik, 8(1), 18–38.
Silele, E., & Sabijono, H. (2017). Evaluasi Pengelolaan Dana Bantuan
Operasional Sekolah (BOS) (Studi Kasus Pada SD Inpres 4 Desa
Akediri Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat). Jurnal Riset
Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.
Siswanto, S., & Sutrisna, B. (2014). Pengelolaan BOS SMP Negeri 1 Simo
Dalam Mekanisme APBD Pemerintah Kabupaten Boyolali Tahun
Jurnal Manajemen Pendidikan Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
Solikhatun, I. (2015). ANALISIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN
OPERASIONAL (BOS) (Studi pada SMK Negeri 1 Yogyakarta). Jurnal
Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5, 1–13.
Sudrajat, A. (2010). Konsep Dasar Manajemen Keuangan Sekolah.
Retrieved from akhmadsudrajat.wordpress.com
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif &
Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suryo Pratolo. (2008). Transparansi Dan Akuntabilitas Tata Kelola
Pemerintahan Daerah Dalam Hubungannya Dengan Perwujudan
Keadilan Dan Kinerja Pemerintah Daerah: Sudut Pandang Aparatur
Dan Masyarakat Di Era Otonomi Daerah. Jurnal Akuntansi Dan
Investasi, 9(2), 108–124.
EQUILIBRIUM: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA. This is the very permissive of the Creative Commons licences and allows for maximum dissemination and use of the licenced work with appropriate credit. The licence permits others to use, reproduce, disseminate or display the article in any way, including for commercial purposes, so long as they credit the author for the original creation. In case of remix, transform, or build upon the material, distribution of your contributions under the same license as the original.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
You can find details of the licence below.Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)