UPAYA PENGUATAN KOMPETENSI MANAJERIAL TERHADAP PELAKSANAAN SUPERVISI DAN KINERJA SEKOLAH DI WILAYAH GUGUS I DAN II KECAMATAN GAYUNGAN SURABAYA
Abstract
Tugas pengawas madya menurut Permendikbud nomor 15 Tahun 2018 tentangPemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah antara lain
melaksanakan penilaian kinerja Guru dan/atau Kepala Sekolah, melaksanakan evaluasi
hasil pelaksanaan program pengawasan pada sekolah binaan, melaksanakan
pembimbingan dan pelatihan profesional bagi Guru dan Kepala Sekolah.
Berdasarkan hasil evaluasi yang pengawas lakukan terhadap 12 sekolah binaan,
hasilnya adalah masih rendahnya kinerja kepala sekolah dalam menjalankan fungsi
manajerial. Untuk itu pentingnya pengawas mengadakan workshop manajemen berbasis
sekolah sebagai upaya Penguatan Kompetensi Manajerial terhadap pelaksanaan
supervisi dan kinerja sekolah di Wilayah Gugus Binaan I dan II Kecamatan Gayungan
Surabaya.
Penelitian dilakukan di 12 Sekolah Dasar di wilayah gugus binaan I dan II
Kecamatan Gayungan Kota Surabaya. Dengan mengadakan workshop yang diikuti
secara bersama dari unsur Kepala Sekolah, Guru, Staf Administrasi (Laboran), Komite
Sekolah dan Pengawas sebagai nara sumber.
Prosedur penelitian dilakukan melalui dua Siklus dari tiap siklus terdapat tahap
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi sehingga bisa dihasilkan suatu bentuk
data sebagai bukti hasil pelaksanaan workshop untuk penelitian tindakan sekolah ini.
Secara keseluruhan penelitian tindakan sekolah dapat disimpulkan bahwa daya
serap terhadap materi MBS pada siklus I dari 15 % menjadi 75,75% pada siklus II,
sedangkan tingkat daya serap terhadap peranan masing-masing dalam MBS pada siklus 1
dari 27.28% menjadi 69.70% pada siklus II.
Kata Kunci : kompetensi manajerial, supervisi, kinerja sekolah
References
DAFTAR RUJUKAN
Mulyasa, 2014. Manajemen Berbasis
Sekolah. Remaja Rosdakarya.
Bandung
Nana Sudjana, Http:come to csr 23.
Identifikasi Kepengawasan
Rohiat, 2010. Manajemen Sekolah.Refika
Adirama.Bandung
Panduan penyusunan rencana kerja
sekolah dasar (SD), Rencana kerja
Madrasah Ibtidiah (MI).
Decentralized Basic Education 1,
Management and Governance
Edisi Juli 2008. Puskur Balitbang,
Azhar, lalu Muhammad.
Proses Belajar Mengajar
Pendidikan. Jakarta Usaha Nasion
Penyusunan Rencana Kerja SD/MI
kerjasama menteri koordinator
bidang kesejahteraan rakyat RI,
DBEI Jawa Timur Depdiknas,
Departemen Agama, USAID dari
Rakyat Amerika, DBE
Management and Governance.
Perumusan RKS DBEI jawa
Timur, Maret 2008.
Permendikbud No 15 Tahun 2018 tentang
Pemenuhan Beban Kerja Guru,
Kepala Sekolah, dan Pengawas
Sekolah antara lain melaksanakan
penilaian kinerja Guru dan/atau
Kepala Sekolah, melaksanakan
evaluasi hasil pelaksanaan
program pengawasan pada sekolah
binaan, melaksanakan
pembimbingan dan pelatihan
profesional bagi Guru dan Kepala
Sekolah
Sri Khotami dan Purmiasih, 2008. Hasil
penilaian kinerja kepala sekolah di
Kec. Gubeng, Tambaksari,
Wonokromo, Rungkut, dan
Wonocolo Surabaya berdasarkan
peraturan Walikota Surabaya No.
Tahun 2007. Surabaya, Dinas
Pendidikan Kota Surabaya
Supari Muslim, 2007. Implementasi MBS.
Makalah yang disajikan dalam
penyusunan karya ilmiah bagi
guru-guru di Tuban, 14 Juli 2006.
Tita Lestari dan Aris Budiyono, 2008.
Merencanakan dan Melaksanakan
Penelitian Tindakan Sekolah.
Direktorat Jenderal Peningkatan
Mutu Pendidik dan Tenaga
Kependidikan, Direktorat Tenaga
Kependidikan Departemen
Pendidikan Nasional .
EQUILIBRIUM: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA. This is the very permissive of the Creative Commons licences and allows for maximum dissemination and use of the licenced work with appropriate credit. The licence permits others to use, reproduce, disseminate or display the article in any way, including for commercial purposes, so long as they credit the author for the original creation. In case of remix, transform, or build upon the material, distribution of your contributions under the same license as the original.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
You can find details of the licence below.Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)