PENGARUH EFEKTIVITAS BIMBINGAN ORANG TUA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Yanti Susilawati

Abstract


Mutu pendidikan yang mengalami masalah adalah indikator kegagalan pendidikan sebagai pengembangan kognitif siswa yang bermutu dan menggembirakan belum terwujud. Untuk mencapai prestasi belajar siswa yang diharapkan dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Salah satu faktor intern adalah motivasi sedangkan faktor ekstern salah satunya adalah bimbingan orang tua dan kompetensi guru. Untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor tersebut maka penulis menggunakan metode survey/deskriptif dengan teknik analisis statistik Part Analysis.

Hasil penelitian yang didapat berdasarkan persamaan sub-struktur 1 adalah bimbingan orang tua berkontribusi secara signifikan terhadap motivasi belajar, dan kompetensi guru juga berkontribusi secara signifikan terhadap motivasi belajar. Sedangkan berdasarkan persamaan sub-struktur 2 adalah bimbingan orang tua berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar, kompetensi guru berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar dan motivasi belajar berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar.

Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efektivitas bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar, terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar, terdapat pengaruh efektivitas bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar, terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar juga terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Berdasarkan temuan di atas maka direkomendasikan bahwa harus ada kerjasama yang baik antara guru dan orang tua dalam usaha meningkatkan hasil belajar anak. Guru juga harus selalu meningkatkan kompetensinya agar target kualitas pendidikan tercapai.

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Al-Rasyid, H. 1994. Teknik Pengembangan Sampel dan Penyusunan Skala, Program Studi Ilmu Sosial Bidang Kajian Utama Sosiologi-Antropologi, Bandung, Program Pasca Sarjana Universitas Padjajaran.

Depdiknas. 1989. Undang-Undang No. 02 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdiknas.

. 2003. Undang-Undang No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdiknas.

. 2008. Penilaian Hasil Belajar, Jakarta, Depdiknas.

. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.

Djiwandono, W. 2002. Psikologi Pendidikan, Jakarta, Grasindo.

E. Mulyasa. 2010. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Hamzah B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta, Bumi Aksara.

Harun Utuh, dkk. 1989. Korelasi antara Status Sosial Ekonomi dengan Prestasi Belajar Mengajar di FKIP Unlam Banjarmasin (Laporan Penelitian), Banjarmasin, FKIP Universitas Lampung Mangkurat.

Isjana. 1993. Hubungan Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar, Jakarta PTK IKIP.

Suharsimi ,A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta.

Saipudin, A. 2007. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta, Pustaka Belajar.

Sudjana. 1992. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi, Bandung, Tarsito.

Surya , Moh. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung, Bani Quraisy.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, PT Reneka Cipta.

Uzer Usman, M. 2008. Menjadi Guru Profesional, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287