ABAD 21 PENTINGNYA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

Diki Somantri

Abstract


: Penenelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai betapa pentingnya kompetensi pedagogik guru di abad 21. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur, mencari semua informasi diberbagai sumber seperti jurnal-jurnal dan buku atau pun dokumen lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada abad 21, banyak tantangan yang harus dihadapi oleh guru. Maka untuk menghadapi abad 21 ini, guru diwajibkan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi pedagogik.

Kata Kunci: Abad 21, tantangan guru, peningkatan pedagogik, peningkatan profesionalitas guru.


Full Text:

PDF

References


Destiana, Bonita, and Pipit Utami. 2017. “Urgensi Kompetensi Pedagogik Guru Vokasional Pada Pembelajaran Abad 21.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 2(2):211–22. doi: 10.21831/elinvo.v2i2.17368.

Herlambang, Yusuf Tri. 2018.”Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif”. Jakarta: Bumi Aksara.

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Widyaningrum, Winda, Endang Sondari, and Mulyati. 2019. “Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris.” DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1):35–44.




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287