EVALUASI PENERAPAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN IAIN KERINCI

Pebi Julianto, Samin Samin, Faizin Faizin

Abstract


Abstract

 

Semester Learning Plan (RPS) is a plan for the process of learning activities in courses that are prepared by the lecturer independently for one semester. As a professional, every speaker must have certain abilities in order to carry out his duties as a speaker as well as possible. The purpose of this research is to find out the constraints of the lecturers of the Da'wah Management Study Program FUAD IAIN Kerinci in making the RPS, to find out the extent to which the institution holds training or workshops providing workshops for lecturers, to find out the steps that must be taken by the lecturers of the Da'wah Management Study Program at FUAD IAIN Kerinci so that the RPS can be collected at the beginning of each semester. The approach used in this research is a qualitative approach, meaning the procedure (path) in which research is carried out systematically which is used to examine or study an object in a natural setting without any manipulation in it and without any hypothesis testing. The object of this research is the Lecturer of the Da'wah Management Study Program, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, the State Islamic Institute of Kerinci. RPS made by lecturers have been able to accommodate students to be able to study actively and independently. The RPS has been equipped with various components such as competencies, course descriptions, credit scores, lecturers, module topics, learning experiences, educational media, learning resources, to the assessment criteria used.

 

Keywords: evaluation; RPS; learning process

 

Abstrak

 

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) merupakan  rencana proses kegiatan pembelajaran pada mata kuliah yang disusun oleh dosen secara mandiri untuk satu semester. Sebagai seorang profesional, setiap pembicara harus memiliki kemampuan tertentu agar dapat menjalankan tugasnya sebagai pembicara dengan sebaik-baiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kendala dosen Prodi Manajemen Dakwah FUAD IAIN Kerinci dalam pembuatan RPS, Untuk mengetahui sejauh mana Institusi mengadakan pelatihan atau workshop penyediaan workshop bagi dosen, Untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan dosen Prodi Manajemen Dakwah FUAD IAIN Kerinci sehingga RPS bisa terkumpul disetiap awal semester. Pendekatan yang digunakan dalam riset ini adalah pendekatan kualitatif, maksudnya tata cara (jalur) dimana riset yang dilakukan secarasistematis yang digunakan untuk mengkaji ataupun mempelajari sesuatu objek pada latar alamiah tanpa terdapat manipulasi didalamnya serta tanpa terdapat pengujian hipotesis. Objek penelitian yang diteliti adalah Dosen Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Kerinci. RPS yang terbuat oleh dosen telah bisa mengakomodir mahasiswa agar mampu belajar secara aktif serta mandiri. RPS telah dilengkapi dengan berbagai komponen-komponen seperti kompetensi, deskripsi mata kuliah, bobot SKS, dosen pengampu, topik modul, pengalaman belajar, media pendidikan, sumber belajar, hingga pada kriteria penilaian yang digunakan.

Kata Kunci : evaluasi; rencana pembelajaran semester (RPS); proses pembelajaran


Keywords


Evaluasi; rencana pembelajaran semester (RPS); proses pembelajaran

References


Boak, G. A Complete Guide to Learning Contract. Aldershot: Gower, 1998.

Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif “Pemahaman Filosofis Dan Metodologis Ke Arah Penguasaan Model Aplikasi.” Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Hussey, T. & Smith, P. The Trouble with Higher Education: A Critical Examination of Our Universities. New York: Routledge, 2010.

Julianto, Pebi. “Evaluasi Pelaksanaan Program Satu Milyar Satu Kecamatan (SAMISAKE) Di Kecamatan Depati Tujuh Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi Tahun 2014.” Osfpreprints 6, no. 1 (2019): 1–13. https://osf.io/rpf4v.

Knowles, Malcolm S. The Modern Practice of Adult Education: Andragogy Versus Pedagogy. New York: Association Press., 1970.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya., 2012.

Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015. “Tentang Standar Nasional Pendidikian Tinggi,” n.d.

Reigeluth, C.M. Instructional-Design Theories and Models: An Overview of Their Current Status. N.J: Erlbaum Associates.: Hillsdale, 1983.

Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media group, 2018.

Setiawan, Guntur. Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2004.

Suciaty. Kontrak Perkuliahan. Jakarta: PAUPPAI-UT, 2001.

Sudijono. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Toohey. Small Group Teaching- Key Theories and Methods. MESO: Corpo, 2009.

Usman, Basyiruddin. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Wrigston, Dkk. Evaluasi Penggunaan Website Universitas Janabadra Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Yogyakarta: Jurnal Informasi Interaktif, 1956.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2014

Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 13 Tahun 2015

Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.4962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.