PERAN LOKASI, KELENGKAPAN PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Fanny Cris Jayanti, Kristina Anindita Hayuningtias

Abstract


Abstrak

Industri bahan bangunan yang relatif berkembang seiring berjalannya waktu membuat permintaan pasar semakin meningkat. Sistem pembangunan yang hampir tiada henti setiap harinya membuat industri ini kian ramai dan berkembang. Studi pada penelitian ini akan melihat bagaimana peran lokasi, kelengkapan produk dan persepsi harga dalam pengambilan keputusan. Metode pengambilan sampel untuk penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan teknik purposive sampling (target) dimana sampel diambil berdasarkan kriteria tertentu: usia minimal 17 tahun dan melakukan pembelian produk sebelumnya setidaknya satu kali. Metodologi penelitian yang digunakan adalah survey kuantitatif yang diukur dengan skala Likert 1 sampai 5 (sangat tidak setuju menuju sangat setuju) dari pengukuran masing-masing indikator dalam variabel. Instrumen yang dipakai adalah kuesioner dengan metode analisis data dengan regresi berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa lokasi, kelengkapan produk dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan dalam keputusan pembelian. Semakin strategis lokasinya, semakin lengkap produknya, dan persepsi pelanggan yng semakin baik terhadap harga yang ditawarkannya, maka akan lebih besar kemungkinan konsumen untuk membelinya. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti selanjutnya disarankan dapat menambahkan variabel intervening sebagai penghubung antara variabel bebas dengan variabel terkait yang menjadi pokok bahasan. Variabel perantara yang disarankan oleh penulis untuk studi lebih lanjut adalah niat beli. Selaras dengan teori tindakan rasional atas niat perilaku seseorang menentukan apakah seseorang melakukan tindakan tertentu atau tidak.

Kata kunci: lokasi; kelengkapan produk; persepsi harga; keputusan pembelian

 

Abstract

The relatively developed building materials industry over time makes market demand increase. The development system that is almost non-stop every day makes this industry more crowded and growing. The study in this research will look at how the role of location, product completeness and price perception in decision making.  The sampling method   for this study uses non-probability sampling techniques with purposive sampling (target) techniques where samples are taken based on certain criteria: minimum age of 17 years and making previous product purchases at least once.  The research ology method used is a titative quantitative survey measured on a scale of Likert 1 to 5 (strongly disagree to strongly agree) and measure each indicator in variables.   The instrument used is a questionnaire with a data analysis method with multiple regression.  The results showed that location, product completeness and price perception had a positive and significant effect on purchasing decisions. The more strategic the location, the more complete the product, and the better the customer's perception of the price offered, the more likely consumers will be to buy it.  Based on these results, researchers are further advised to be able to add intervening variables as a liaison between independent variables and related variables that are the subject of discussion. The intermediate variable suggested by the authors for further study is purchase intent. In harmony with teori tact on the intention of one's behavior determines whether a person performs a particular action or not.

Keyword: location; product completeness; price perception; purchasing decision


Keywords


location; product completeness; price perception; purchasing decision

Full Text:

PDF

References


Ali, M. M., & Suciana, A. (2019). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Tentang Keputusan Pembelian Rumah. International Journal of Business Marketing and Management (IJBMM), 4(8), 51–60.

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. . (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5612

Azizah, A. Nu. (2021). Pengaruh Word Of Mouth (WOM), Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Pada Toko Pasundan Pusat Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas). UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

Cindy Permatasari, D., Tjahjaningsih, E., & Stikubank Semarang, U. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Paket Data Telkomsel. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 2022–2296. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2019

Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzudin, A. (2022). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik, IX(1), 104–112.

Djohan, A. J. (2016). Manajemen & Strategi Pembelian.

Eltonia, N., & Hayuningtias, K. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale 600ml di Kota Semarang). Jurnal Mirai Manajemen, 6(2), 250–256.

Emor, J. I., Tumbuan, W. J. F. A., & Rogi, M. H. (2019). Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen RM. Bakso Solo Pak Eko di Tomohon. Jurnal EMBA, 7(4), 5407–5415.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Menerapkan Analisis Multivariat Menggunakan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.

Heizer, J., & Render, B. (2018). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan (1st ed.). Salemba Empat.

Hidayat, T. (2020). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko Bangunan Atha Mandiri Dukuhwaluh). INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO.

Kapriani, & Kurniaty. (2020). Analisis Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja di Toko New Agung Alat Tulis dan Kantor di Makassar. E-Journal Al-Buhuts, 16(2), 71–90.

Kelvinia, Putra, M. U. M., & Efendi, N. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: JWEM, 11, 85–98.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2015). Prinsip - Prinsip Pemasaran: Vol. JIlid 1 dan 2 (12th ed.). Erlangga.

Kusumawati, O. Y., & Hayuningtias, K. A. (2022). Kualitas Produk, Resto

Atmosphere dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(02), 187–196. https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.5290

Nurlia, L. (2020). Pengaruh Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Pengunjung di Minimarket Menggunakan Metode Regresi Linier. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 2(3), 1–12.

Nurzana, N., & Bustami. (2021). The Influence of Product Completeness on Consumer Purchase Decisions at Supermarkets 88 Bengkalis (Case Study on Bengkalis City Community). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 9, 86–92.

Petter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran: Vol. Buku 2 (9th ed.). Salemba Empat.

Puspitadewi, I. C., & Rachman, Moch. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian Apotek Kencana Mas Sidoarjo. Journal of Sustainability Business Research, 1(1), 384–390.

Rafli, R. A., & Tjahjaningsih, E. (2022). The Influence Of Product Quality, Price Perception, And Location On Purchase Decisions And Their Impact On Consumer Satisfaction Promise Souls Mall Tentrem Semarang Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen Janji Jiwa Mall Tentrem Semarang. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2505–2516.

Rahayu, E. (2018). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Imam Market Kisaran. Journal of Science and Social Research, I(1), 7–12.

Saleh, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada PT Laris Abadi Indonesia Karangploso Kab. Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim MAlang.

Sari, D. Y., Tjahjaningsih, E., & Hayuningtias, K. A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, promosi dan Lokasi terhadap Proses Keputusan Pembelian Kapur Barus Merek Bagus (Studi pada Konsumen Giant BSB Semarang). Journal Proceeding Sendi U, 677–683. www.topbrand-award.com

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&B. Alfabeta.

Susanti, N. K. D., Susanti, P. H., & Saputra, G. A. (2021). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Blahkiuh Di Kabupaten Badung. Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(1), 144–163.

Syamsidar, R., & Soliha, E. (2019). Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Merek dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Pada Banaran 9 Coffee and Tea di Gemawang, Kabupaten Semarang). JBE, 26(2), 146–154. https://www.unisbank.ac.id/ojs;

Tania, A. E., Sari, M. I., & Tyas, W. M. (2022). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada BUMDES

Ajong Rejo. National Multidisciplinary Sciences, 1(3), 345–354. https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.87

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Andi Offset.

Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. JURNAL ILMIAH AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 4(6), 2279–2291.

Yuni. (2020). Pengaruh Lokasi dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Trend Mode Berkah Murah Ponorogo. Institut Agama Isam Negeri Ponorogo.




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v20i02.7725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287