PENGARUH MEDIA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) GOOGLE CLASSROOM TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA

  • Anggun Gumilar IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Yeti Nurizzati IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Nasehudin Nasehudin IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Keywords: students’ creative thinking, google classroom, media learning management system

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan teknologi yang semakin maju salah satunya pada bidang pendidikan. Namun, dalam kegiatan pembelajaran masih dijumpai kurangnya penyajian  metode dan media pembelajaran yang beragam dalam menunjang berpikir kreatif siswa. Untuk menghindari pembelajaran monoton, guru perlu menciptakan metode inovatif dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS) Google Classroom, aplikasi pembelajaran jarak jauh yang menyediakan beragam fitur, termasuk tugas, penilaian, anggota, dan konferensi online, yang mendukung berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh media Learning Management System (LMS) Google Classroom terhadap berpikir kreatif siswa MTs Al-Banna Cikalahang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif regresif dengan desain penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan lembar rubrik kretifitas siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 siswa dengan menggunakan total sampling. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji persentase, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi, uji determinasi, uji regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara media Learning Management System (LMS) Google Classroom terhadap berpikir kreatif siswa MTs Al-Banna Cikalahang. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu guru dan sekolah mengintegrasikan sumber daya pendukung seperti video pembelajaran atau materi visual lainnya dalam Learning Management System (LMS) Google Classroom yang mendorong berpikir kreatif siswa.

 

Kata kunci : berpikir kreatif siswa; google classroom; media learning lanagement system

 

Abstract

This research is motivated by increasingly advanced technological developments, one of which is in the field of education. However, in learning activities there is still a lack of diverse presentations, methods and learning media to support students’ creative thinking. To avoid monotonouns learning, teachers need to create innovative methods by utilizing the Google Classroom Learning Management System (LMS), a distance learning application that provides a variety of features, including member assessment assignments, and online conferences, which support student’ creative thinking. This research aims to find out how much influence the Google Classroom Learning Management System (LMS)media has on the creative thinking of MTs Al-Banna Cikalahang students. This type of research is regressive quantitative with an ex-post facto research design. Data collection techniques use questionnaires and documentation. The population and sample in this study amounted to 75 students using total sampling. Then the data analysis techniques in this research use percentage tests, normality tests, linearity tests, correlation tests, determination tests, regression tests and hypothesis tests. The results of this research show that there is a significant influence between the Google Classroom Learning Management System (LMS) media on the creative thinking of MTs Al-Banna Cikalahang students. The suggestions in this research is that teachers and schools integrate supporting resource such as learning videos or other visual materials in the Google Classroom Learning Management System (LMS) which encourages students to think creatively.

 

Keywords : students’ creative thinking; google classroom; media learning management system

References

Aditiany, V., & Pratiwi, R. T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), 102-109.

Azkia, N. (2018). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas iv Min 5 Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Dewi, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Blended Learning Menggunakan “E-Learning Sekolahan. Id” Pada Materi Ekosistem di SMA (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Fatmawati, F. (2022). Kreativitas dan Intelegensi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 188-195.

Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi COVID-19. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), 4(2), 1-8.

Haeruman, L. D., Wijayanti, D. A., & Meidianingsih, Q. (2021). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 80-84.

Hapsari, S., Setiawati, N. A., & Munir, A. (2021). Pelatihan Desain Pembelajaran Kreatif Menggunakan Google Classroom. Jurnal Pengabdian Masyarakat Edumi, 1(1), 27-33.

Koyimah, I. S., Suryani, Y., & Nuryatin, A. (2021). Pengaruh Penerapan Blended Learning dalam Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif di Masa Pandemi Covid-19. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), 208-217.

Mashuri, C., Putra, R. A. Y., & Putri, U. S. (2022). Aplikasi Pembelajaran Daring Dengan Learning Management System. Jombang : Indonesia Emas Group.

Nasir, K. (2022). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Model Blended Learning Secara Daring dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Peserta Didik Kelas IX UPTD SMP Negeri 8 Parepare (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50-59.

Novitasari, A., Widiasari, B., Haka, N. B., Hidayah, N., & Handoko, A. (2022). The Effect of Google Classroom Assisted STEM Approach on Students’ Creative Thinking Skills. Assimillation: Indonesian Journal of Biology Education, 5(2), 71-79.

Nurlaela, L et. All. (2019). Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Jakarta: Mediaguru Digital Indonesia.

Putri, Fadhlika. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital Infografis Canva Terhadap Kreativitas Berpikir Siswa Pada Pembelajaran IPS (Skripsi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Samongan, Bonafius. (2021). Penerapan Learning Management System (LMS ) Belajar Dalam Pembelajaran Fisika (Studi Kasus Pada Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma) (Skripsi, Universitas Sanata Dharma).

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Bahri, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62-70.

Supriani, Y., Giyanti, G., & Syafana, Z. (2023). Pengembangan Interactive Digital Comic Menggunakan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 167-178.

Syah, Iqbal., & Khori, F., D. (2022). Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK Secara Daring di SMK IPIEMS Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 10(1), 335-340.

Uloli, R. (2021). Berpikir Kreatif Dalam Penyelesaian Masalah. Gorontalo: Pramedia

Wulandari, F. A, Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Siswa Kelas V Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3 (1), 10-16.

Yanah, Evi. (2022). Pengaruh Metode Improve Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTs An-Nur Kota Cirebon (Skripsi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Published
2024-07-31
How to Cite
Gumilar, A., Nurizzati, Y., & Nasehudin, N. (2024). PENGARUH MEDIA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) GOOGLE CLASSROOM TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 21(02), 60-70. https://doi.org/10.25134/equi.v21i02.9379