MEDIA INFORMASI INTERAKTIF TEKNIK PUKULAN PADA KENDANG SUNDA BERBASIS MULTIMEDIA

Wisnu Ahmad Maulana, Murinto Kusno

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini, sangat dirasakan manfaatnya didalam kehidupan manusia. Dalam media informasi pemanfaatan kemajuan teknologi dapat dilakukan dengan metode-metode yang memanfaatkan multimedia. Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, audio, gambar dan animasi. Media Informasi Interaktif Teknik Pukulan Pada Kendang Sunda sangat dibutuhkan dikarenakan kurangnya alat peraga dan masih cenderung klasikal dengan lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan informasi dan materi. Sehingga dalam penyampaian informasi dan materi kurang maksimal dan sulit untuk dimengerti. Dikembangkannya perangkat lunak ini, diharapkan dapat membantu media informasi teknik pukulan pada kendang Sunda dalam memahami dan dapat menguasai dari materi tersebut yang dikemas dalam interaktif dalam suatu aplikasi multimedia

Subjek penelitian ini adalah teknik pukulan pada kendang Sunda. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode literatur, metode wawancara dan observasi. Kemudian dilakukan tahap penelitian yang mengacu metode waterfall yaitu analisis dan perancangan sistem yang meliputi perancangan konsep, perancangan isi, perancangan naskah dan perancangan grafik. Aplikasi multimedia ini dibuat dengan menggunakan perangkat lunak yaitu : Macromedia Flash Profesional CS3, Adobe Photoshop CS3, Corel Draw X4, Soundbooth CS3 dan Ulead Video Studio 11. Setelah aplikasi dihasilkan, maka dilakukan uji program dengan Black Box Test dan Alpha Test.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan aplikasi multimedia sebagai media informasi interaktif dengan metode yang baru tentang teknik pukulan pada kendang Sunda dalam mengatasi masalah-masalah yang ada. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa program dapat berjalan dengan baik sehingga layak untuk diimplementasikan.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Kendang Sunda, Multimedia

Full Text:

PDF

References


Supandi, Atik, 1981, Teori Dasar Karawitan, Pelita Masa, Bandung.

Agus, Budiman, 2009, Aplikasi Multimedia Gamelan Jawa Untuk SMKI (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia), Skripsi UAD, Yogyakarta.

Sita, Hamdani Maria, 2009, Media Informasi Interaktif Kelenjar Tiroid Pada Penyakit Hipertiroid Berbasis Multimedia, Skripsi UAD, Yogyakarta.

Saepudin, Asep, S.Sn., 2007, Penelitian Pola-Pola Tepak Kendang Jaipongan Studi Kasus Lagu Seungah, Laporan Penelitian Seni ISI, Yogyakarta.

Sonarto, 2009, Tepak Kendang Jaipongan Suwanda, Tesis ISI, Surakarta.

Santoso, Insap, 2010, Interaksi Manusia Dan Komputer (Edisi 2), Andi Publisher, Yogyakarta

Simarmata, Janner Dan Chandra, Tintin, 2008, Grafika Komputer, Andi Publisher, Yogyakarta

Lemay, Laura, Duff, M.Jon, Mohler, L.James, 1997, Desain Grafik Dan Halaman Web, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Madcoms, 2008, Adobe Flash CS3 Untuk Pemula, Andi Publisher, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.25134/buffer.v1i1.579

Refbacks



Copyright (c) 2017 Buffer Informatika


BUFFER INFORMATIKA : DEPARTMENT of INFORMATICS ENGINEERING
(print) p-ISSN :2527-4856 , (online)e-ISSN : 2614-5413
DOI :https://doi.org/10.25134/buffer.v5i2

Organized by Department of Informatics Engineering, Faculty of Computer Science, University of Kuningan, Indonesia.

website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/buffer
E-Mail : buffer.informatika@uniku.ac.id
Mailing : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia

Lisensi Creative Commons
BUFFER INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

StatCounter

View My Stats