MEDIA INFORMASI INTERAKTIF TEKNIK PUKULAN PADA KENDANG SUNDA BERBASIS MULTIMEDIA

  • Wisnu Ahmad Maulana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan
  • Murinto Kusno Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Abstrak

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini, sangat dirasakan manfaatnya didalam kehidupan manusia. Dalam media informasi pemanfaatan kemajuan teknologi dapat dilakukan dengan metode-metode yang memanfaatkan multimedia. Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, audio, gambar dan animasi. Media Informasi Interaktif Teknik Pukulan Pada Kendang Sunda sangat dibutuhkan dikarenakan kurangnya alat peraga dan masih cenderung klasikal dengan lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan informasi dan materi. Sehingga dalam penyampaian informasi dan materi kurang maksimal dan sulit untuk dimengerti. Dikembangkannya perangkat lunak ini, diharapkan dapat membantu media informasi teknik pukulan pada kendang Sunda dalam memahami dan dapat menguasai dari materi tersebut yang dikemas dalam interaktif dalam suatu aplikasi multimedia

Subjek penelitian ini adalah teknik pukulan pada kendang Sunda. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode literatur, metode wawancara dan observasi. Kemudian dilakukan tahap penelitian yang mengacu metode waterfall yaitu analisis dan perancangan sistem yang meliputi perancangan konsep, perancangan isi, perancangan naskah dan perancangan grafik. Aplikasi multimedia ini dibuat dengan menggunakan perangkat lunak yaitu : Macromedia Flash Profesional CS3, Adobe Photoshop CS3, Corel Draw X4, Soundbooth CS3 dan Ulead Video Studio 11. Setelah aplikasi dihasilkan, maka dilakukan uji program dengan Black Box Test dan Alpha Test.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan aplikasi multimedia sebagai media informasi interaktif dengan metode yang baru tentang teknik pukulan pada kendang Sunda dalam mengatasi masalah-masalah yang ada. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa program dapat berjalan dengan baik sehingga layak untuk diimplementasikan.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi, Kendang Sunda, Multimedia

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan
##submission.authorWithAffiliation##
Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Referensi

Supandi, Atik, 1981, “Teori Dasar Karawitan”, Pelita Masa, Bandung.

Agus, Budiman, 2009, “Aplikasi Multimedia Gamelan Jawa Untuk SMKI (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia)”, Skripsi UAD, Yogyakarta.

Sita, Hamdani Maria, 2009, “Media Informasi Interaktif Kelenjar Tiroid Pada Penyakit Hipertiroid Berbasis Multimedia”, Skripsi UAD, Yogyakarta.

Saepudin, Asep, S.Sn., 2007, “Penelitian Pola-Pola Tepak Kendang Jaipongan Studi Kasus Lagu Seungah”, Laporan Penelitian Seni ISI, Yogyakarta.

Sonarto, 2009, “Tepak Kendang Jaipongan Suwanda”, Tesis ISI, Surakarta.

Santoso, Insap, 2010, “Interaksi Manusia Dan Komputer (Edisi 2)”, Andi Publisher, Yogyakarta

Simarmata, Janner Dan Chandra, Tintin, 2008, “Grafika Komputer”, Andi Publisher, Yogyakarta

Lemay, Laura, Duff, M.Jon, Mohler, L.James, 1997, “Desain Grafik Dan Halaman Web, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Madcoms, 2008, “Adobe Flash CS3 Untuk Pemula”, Andi Publisher, Yogyakarta.

Diterbitkan
2017-07-21
Bagian
Articles