Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Peserta Didik

Lathifah Annisa, Chestalita Oktaviana, Abdul Aziz Habibi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar pada sub konsep psikotropika di salah satu SMA Negeri Kota Tasikmalaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XII MIA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, tes yang digunakan berupa tes essay dengan jumlah soal sebanyak 14 soal untuk mengetahui berpikir kritis dan tes pilihan ganda (multiple choice) dengan jumlah soal 27 untuk melihat hasil belajar siswa. Teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan uji korelasi dan uji regresi linier sederhana. Pada penelitian ini terdapat korelasi yang positif antara berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik dengan taraf signifikansi sebesar 0,364 < 0,05 dan juga ditemukan nilai f hitung sebesar 0,847 dan signifikasi sebesar 0,364 > 0.05 dapat disimpulkan bahwa berpikir kritis mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada sub konsep psikotropika sebesar 24 %.

Full Text:

PDF

References


Alhusin, Syahri. (2003). Aplikasi Statistik Praktis Dengan Menggunakan SPSS For Windows. Yogyakarta: Graha Ilmu.

McGregor, D. (2007). Developing thinking; develiping learning a guide to thinking skills in education. New York : McGraw Hill Companies.

Nasution. (1989). Kurikulum dan Pengajaran. Bandung : Bumi Aksara.

Priyastama, Romie. (2017) Buku Sakti Kuasai SPSS Pengelolaan Data & Analisis Data. Bantul : Star Up.

Pujiono, S. (2012). Berpikir Kritis dalam Literasi Membaca dan Menulis untuk Memperkuat Jati Diri Bangsa. PIBSI XXXIV TAHUN 2012 UNSOED.

Resti, S. N. E. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa. Tesis. (Online), (http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdftesi s2/41658.pdf), diakses 23 november 2019.

Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, M. U. (2000).Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v8i1.2337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Organized by the Department Master of Biology Education, Graduate School, the University of Kuningan
ISSN 2355-2352 (print)
Alamat : Jl. Pramuka No. 67 Kuningan 45512, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : (1232) 878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica

Email : [email protected]

Creative Commons License

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License