Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar pada sub konsep psikotropika di salah satu SMA Negeri Kota Tasikmalaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XII MIA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, tes yang digunakan berupa tes essay dengan jumlah soal sebanyak 14 soal untuk mengetahui berpikir kritis dan tes pilihan ganda (multiple choice) dengan jumlah soal 27 untuk melihat hasil belajar siswa. Teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan uji korelasi dan uji regresi linier sederhana. Pada penelitian ini terdapat korelasi yang positif antara berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik dengan taraf signifikansi sebesar 0,364 < 0,05 dan juga ditemukan nilai f hitung sebesar 0,847 dan signifikasi sebesar 0,364 > 0.05 dapat disimpulkan bahwa berpikir kritis mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada sub konsep psikotropika sebesar 24 %.

Article Details

How to Cite
Annisa, L., Oktaviana, C., & Habibi, A. A. (2020). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Peserta Didik. Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 8(1), 35-37. https://doi.org/10.25134/edubiologica.v8i1.2337

References

  1. Alhusin, Syahri. (2003). Aplikasi Statistik Praktis Dengan Menggunakan SPSS For Windows. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  2. McGregor, D. (2007). Developing thinking; develiping learning a guide to thinking skills in education. New York : McGraw Hill Companies.
  3. Nasution. (1989). Kurikulum dan Pengajaran. Bandung : Bumi Aksara.
  4. Priyastama, Romie. (2017) Buku Sakti Kuasai SPSS Pengelolaan Data & Analisis Data. Bantul : Star Up.
  5. Pujiono, S. (2012). Berpikir Kritis dalam Literasi Membaca dan Menulis untuk Memperkuat Jati Diri Bangsa. PIBSI XXXIV TAHUN 2012 UNSOED.
  6. Resti, S. N. E. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa. Tesis. (Online), (http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdftesi s2/41658.pdf), diakses 23 november 2019.
  7. Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  8. Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  9. Usman, M. U. (2000).Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.