Penerapan Model Bleended Learning Berbasis Web Blog Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Fatih Ibnu Batuthoh, Wahidin Wahidin, Ina Rosdiana Lesmanawati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, peningkatan keterampilan berpikir kritis siwa, respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Bleended Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif komparatif dengan dua kelas yakni XI MIA 1 kelas eksperimen dan XI MIA 3 kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal test, serta lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan (1) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 3 pertemuan dengan presentase 74%, 77%, kriteria baik dan 83% sangat baik. ditinjau dari tiga pertemuan dilakukan secara umum dalam penerapan model (Bleended Learning) yang diterapkan dalam pembelajaran mayoritas disetiap indikator tiap pertemuan mengalami peningkatan. (2) Terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa antara eksperimen dan kontrol dengan nilai rata-rata N-gain 0,43 dan 0,21 terutama pada indikator KBK 3 dan 4 sig. <0,05. (3) Presentase rata-rata angket respon siswa secara keseluruhan sebesar 84% dengan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa (1) penerapan model (Bleended Learning) meningkatkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran. (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas menggunakan model Bleended Learning dengan kelas yang tidak menggunakan Bleended Learning. (3) respon siswa membuktikan peserta didik tertarik dalam proses pembelajaran dinilai lebih mudah dalam memahami, berpendapat, dan menyimpulkan materi dengan pembelajaran Bleended Learning.

Full Text:

PDF

References


Alfarizqi, M. N. (2018). Model Pembelajaran Blendeed Learning Dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Indrustri 4.0. Jurnal Produsiding, Vol. 9, No. 4.

Budiningsih, A. (2008). Pembelajaran Moral. Jakarta: Rineke Cipta.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dian Lestari, S. M. (2016). Pengembangan Perangkat Bleended Learning Sistem Saraf Manusia untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal Of Innovative Science Education, ISSN 2252-6412.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hermawanto S. Kusairi, W. (2013). Pengaruh Bleended Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 67-76.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Bleended Learning). Jakarta: Pustaka Pelajar.

Jussof, K. &. (2009). Preliminery Study On The Role of Social Presence in Bleended Learning Environment in Higher Education. Journal of International Education Studies, 2 (4): 82.

Mukaddes, E. (2014). Students Opinions On Facebook Supported Bleended Learning Environment. The Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol 13 Issue 1.

Nugroho, A. A. (2017). Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2 (Hal 197-203).

Pratiwi, W. P. (2014). Implementasi Bleeded Learning pada IPA Tema Pengelolaan Sampah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan Afektif (Sikap) Siswa kelas VII-D SMPN 8 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF), Volume 5 Nomor 1 2014 ISSN : 2302-7827.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sandi, G. (2012). Pengaruh Bleended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau dari Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 45, No 3.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sulihudin, B. S. (2012). Pengaruh Bleended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, No 3.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Wulandari, M. (2016). Pemanfaatan Exelsa Moodle dengan Menggunakan Metode Bleended Learning pada Mata KuliahVocalubary. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press




DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v8i1.2981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Organized by the Department Master of Biology Education, Graduate School, the University of Kuningan
ISSN 2355-2352 (print)
Alamat : Jl. Pramuka No. 67 Kuningan 45512, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : (1232) 878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica

Email : [email protected]

Creative Commons License

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License