Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Instrumen Starkey Terhadap Prestasi Belajar Serta Upaya Peningkatannya

Verdy Nurdiansyah, Handayani Handayani, Ina Setiawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa dan hubungan masing-masing indikator kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cigugur tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah populasi sebanyak 78 siswa. Sampel yang dijadikan subjek penelitian diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel terdiri dari 66 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis terstandar dari Starkey (2009) dan data nilai Penilaian Akhir Semester Genap mata pelajaran biologi tahun ajaran 2019/2020. Analisis data menggunakan uji korelasi untuk mengetahui hubungan masing-masing indikator kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar secara parsial dan analisis korelasi berganda untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar secara simultan. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa berdasarkan hasil uji f serta hubungan masing-masing indikator kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa berdasarkan hasil uji t. Upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis. Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis, salah satunya penerapan pendekatan saintifik, metode praktikum, diskusi, dan metode pemecahan masalah, penggunaan isu sosisaintifik dalam pembelajaran, serta penerapan model pembelajaran berbasis masalah, inkuiri, dan penemuan

References


Abbasi, A., & Izadpanah, S. 2018. The Relationship Between Critical Thinking, Its Subscales And Academic Achievement Of English Language Course: The Predictability Of Educational Success Based On Critical Thinking. Academy Journal od Educational Sciences. 2 (2): 91-105.

Agnafia, D.N. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajaranya. 6 (1): 45-53.

APA Delphi Report. 2014. Consensus description of core critical thinking Skills and Sub Skills. Insight Assessment, Division of California Academic Press. San Jose, CA. USA.

Arifin, Zaenal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

BalRam, R. 2017. Pengaruh Metode Praktikum Disertai Feedback Terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas X Pada Materi Larutan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 6(6).

Brookfield, S. 2012. Teaching for Critical Thinking. California: Library of Congress.

Cahyono, B. 2015. Korelasi Pemecahan Masalah dan Indikator Berpikir Kritis. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA. 5(1) : 15-24.

Chance, P. (1986). Thinking in the classroom: A survey of programs. New York: Teachers College, Columbia University.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Domuracki, K., Wong, A., Olivieri, L., & Grierson, L. E. M. (2015). The impacts of observing flawed and flawless demonstrations on clinical skill learning. Medical Education, 49(2), 186–192. http://doi.org/10.1111/medu.12631.

Ennis, R.H. 1989. Evaluating Critical Thinking. California: Midwest Publications.

Facione, N.C. & Facione, P.A. 1996. Externalizing The Critical Thinking in Clinical Judgment. Journal of Nursing Outlook. 44: 129-36.

Fajrianthy, F., Hendriani, W. & Septarini, B.G. 2016. Developing Critical Thinking Test Utilising Item Response Theory. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20 (1): 45-55.

Fero, L. J., O'Donnell, J. M., Zullo, T. G., Dabbs, A. D., Kitutu, J., Samosky, J. T., & Hoffman, L. A. 2010. Critical thinking skills in nursing students: Comparison of simulation-based performance with metrics. Journal of Advanced Nursing. 66(10), 2182–2193. https://doi.org/10.1111/j.1365-2648.2010.05385.

Fisher, Alec. 2008. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Fong, L.L., Sidhu, G.K., & Fook, C.Y. 2014. Exploring 21st Century Skills among Postgraduates in Malaysia. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 123:130-138.

Friedel, C., Irani, T., Rudd, R., Gallo, M., Eckhardt, E., & Ricketts, J. 2008. Overtly Teaching Critical Thinking and Inquiry-Based Learning: A Comparison of Two Undergraduate Biotechnology Classes. JournaL of Agricultural Education. 49(1): 72-84.

Ghazivakili, Z., Norouzi Nia, R., Panahi, F., Karimi, M., Gholsorkh, H., & Ahmadi, Z. 2014. The role of critical thinking skills and learning styles of university students in their academic performance. Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, 2(3), 95–102.

Gunawan, I., & Palupi, A.R. 2012. Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 2(2): 98-117.

Harlen, W. (2014). Helping children’s development of inquiry skills. Inquiry in Primary Science Education, 1, 5–19.

Himmatussolihah, Ashadi, & Elfi Susanti, V.H. 2019. Critical Thinking Skills of 10th Grade Students and The Effect on Learning Achievement. Social Science, Education and Humanities Research. 3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2019). Atlantis PRESS. Volume 397.

Jerald, C.D. 2009. Defining a 21st Century Education. USA: For the Center for Public Education.

Joesyiana, K. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan (Outdoor Study) Pada Mata Kuliah Manajemen Operasional. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi. 6(2): 90-103.

Kashdan, T.B., Gallagher, M.W., Silvia, P.J., Winsterein, B.P., Breen, W.E., Terhar, D., & Steger, M.F. 2009. The curiosity and exploration inventory-II: Development, factor structure, and psychometrics. Journal of Research in Personality. 43(6): 987-998. https://doi.org/10.1016/j/rp/2009/04/011

Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi (Komposisi Lannjutan III). Jakarta: Gramedia.

King, F.J., Goodson, L., M.S., & Rohani, F., 2010, Higher Order Thinking Skills. Assessment dan Evaluation Educational Service Program. (Online), (https://www.academia.edu/19759607/HIGHER_ORDER_THINKING_SKILLS). Diakses pada tanggal 17 Juli 2020.

Kuhn, D. 2010. Teaching and Learning Sciences as Argument. Science Education, (94): 810-824.

Kumala, G.S.R.., Nurlaelah, I., Setiawati, I. 2017. Bernalar dan Argumentasi melalui Problem Based Learning. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi. 9(2): 12-17.

Lai, E.R. 2011, ‘Critical thinking: A literature review’, Pearson’s Research Reports.

National Education Association. 2010. Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educator’s Guide to the “Four Cs”. (Online) (http://www.nea.org/assets/docs/A-Guide-to-Four-Cs.pdf). Diakses tanggal 19 Juli 2020.

NCREL & Meitri Group. 2003. enGauge 21st Century Skills: Literacy in the Digital Age, (Online), (http://www.ncrel.org/engauge.org/engauge). Diakses pada tanggal 19 Juli 2020.

Nurbaeti, Nuryanti, S., Pursitasari, I.D. 2015. Hubungan Gaya Belajar Dengan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di Kelas X SMKN 1 Buku Tengah. Jurnal Mitra Sains. 3(2) : 24-33.

Osman, K., & Marimuthu, N. 2010. Setting new learning targets for the 21st century science education in Malaysia. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 2(2): 3737-3741.

Pheeraphan, N. 2015. Enhancement of the 21st Century Skills for Thai Higher Education by Integration of ICT in Classroom. Procedia-Social and Behavioral Sciences.103: 365-373.

Prayitno, L.L., Sulistyawati, I., & Wardani, I.S. 2016. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Di Kecamatan Bulak. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 1(2) : 67-74.

Purwati, R., Hobri, Fatahillah, A. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Kadikma. 7(1): 84-93.

Putratama, F., Tasviri, E., Emmawaty, S. (2018) Pengaruh Motode Eksperimen Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Termokimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 7(3).

Reio, T. G., et al. 2006. The Measurement and Conceptualization of Curiosity. The Journal of Genetic Psychology, 167(2), 117-135.

Rohwati, M. 2012. Penggunaan education game untuk meningkatkan hasil belajar IPA biologi konsep klasifikasi makhluk hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Sahin, M.C. 2009. Instructional Design Principles for 21st Century Learning Skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 1(1): 1464-1468.

Semi, M. Atar. 2009. Menulis Efektif. Padang: UNP Press.

Serin, O., Serin, N.B., Saracaloğlu, A.S., Ceylan, 2010. A. The examination of critical thinking styles of university students (TRNC Sample). Procedia-Social and Behavioral Sciences. 9(4):864-8.

Shabani, M.B & Mohammadian, M. 2014. Relationship Between Goal Orientation, Critical Thinking, Meta-Cognitive Awareness and Self- Regulated Learning of Iranian Students. International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World (IJLLALW), 5(1).

Siagian, R. E. F. 2012. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 2(2), 122–131.

Sihaloho, F. A. S. 2017. Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Soft Skills Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 1 Labuhan Deli TP 2015/2016. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (Vol. 3 No.1).

Slameto. 2014. Developing Critical Thinking Skills through School Teacher Training “Training and Development Personnel” Model and Their Determinants of Success. International Journal of Information and Education Technology. 4(2): 161-166.

Starkey, Lauren. 2009. Critical Thinking Skills Success: Tes Kemampuan Berpikir Kritis dalam 20 menit. Yogyakarta: Bookmarks.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuaintitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyawati, Andriani, C. 2017. Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Perbedaan Gender Siswa. Wacana Akademika. 1(2): 127-142.

Suryaningsih, Y. 2017. Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio. 2(2): 49-57.

The Partnership for the 21st Century Skills. 2009. Framework for 21st Century Learning. (Online) (http://www.p21.org/our-work/p21-framework). Diakses tanggal 19 Juli 2020.

Thompson, C. 2011. Critical Thinking across the Curriculum: Process over Output. International Journal of Humanities and Social Science.1(9): 1-7.

Williams, S.V., & Cole, J. M. 2018. The study in native cultural competency in mainstream schooling. Cham: Palgrave McMillan.

Yu, K.C., Lin, K.Y., & Fan, S.C. 2014. An exploratory study on the application of conceptual knowledge and critical thinking to technological issues. International Journal of Technology and Design Education. 339-361.




DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v9i1.8469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Organized by the Department Master of Biology Education, Graduate School, the University of Kuningan.

ISSN 2355-2352 (print)
Alamat : Jl. Cut Nyak Dhien No.36A, Cijoho, Kec. Kuningan Kabupaten Kuningan Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : (1232) 878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica
Email : [email protected]

Creative Commons License

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License