LOKAKARYA MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DAN IMPLEMENTASI PADA KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR (SD) DI SUKABUMI, INDONESIA

Novi Andri Nurcahyono, Astri Sutisnawati, Iis Nurasiah

Abstract


The purpose of this Workshop is to help teachers with regard to improving teaching and learning activities and school management and their implementation in the 2013 curriculum in Elementary Schools. Participants in this activity were elementary school teacher representatives in Limbangan Village, Sukaraja District, Sukabumi Regency and all KKN students in Limbangan Village, Sukaraja District, Sukabumi District. The workshop was conducted in 3 stages, namely the prefix stage, the core stage, and the final stage. The results obtained after the workshop were the commitment of teachers to implement MBS in the learning process with the 2013 curriculum in their respective schools. The difficulties experienced by teachers related to the development of learning evaluation in the 2013 curriculum. In this workshop, it was also found the fact that most teachers indirectly applied MBS in their respective schools.

 

Tujuan dari Lokakarya ini adalah membantu guru berkenaan dengan peningkatan kegiatan belajar mengajar dan manajemen sekolah serta implementasinya pada kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Peserta dalam kegiatan ini yaitu perwakilan guru SD/sederajat yang terdapat di Desa Limbangan Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi dan seluruh mahasiswa KKN di Desa Limbangan Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Metode Lokakarya dilakukan dalam 3 tahap, yaitu tahap awalan, tahap inti, dan tahap akhir. Hasil yang didapat setelah pelaksanaan lokakarya adalah komitmen guru untuk mengimplementasikan MBS pada proses pembelajaran dengan kurikulum 2013 di sekolah masing-masing. Kesulitan yang dialami guru terkait pengembangan evaluasi pembelajaran di kurikulum 2013. Pada lokakarya ini juga ditemukannya fakta bahwa sebagian besar guru secara tidak langsung telah menerapkan MBS di Sekolah mereka masing-masing.


Full Text:

PDF

References


Sukmawati. 2011. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Cakrawala Kependidikan. Vol. 9 (2): 105-211.

Roni Nursyamsu. 2018. Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemuda Dan Pembuatan Program Kerja Pada Organisasi Pemuda Desa Cibinuang, Kabupaten Kuningan, Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, E-Issn 2598-2052 Vol. 01 Nomor 01. 2018. 37- 44.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2104 tentang Pemerintahan Daerah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 1990 Tentang Pendidikan




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v2i01.1743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0