PENYULUHAN HUKUM TENTANG PELUANG DAN ANCAMAN BAGI KONSUMEN DALAM TRANSAKSI ONLINE DI INDONESIA

Ashinta Sekar Bidari

Abstract


This legal education aims to educate the public regarding the development of online business in Indonesia. An online business called E-Commerce Transactions arose because of rapid technological developments. The impact on society is to change the pattern of society acting as consumers both in meeting the needs of goods and services using internet media (online). Unwittingly these impacts can be opportunities and threats for the community. Opportunities that arise can provide convenience and practicality in shopping. However, behind the convenience, there is also a threat to consumers experiencing losses, defaults and fraud from online businesses. Therefore, consumer protection really needs to be created not only with accommodating legal rules but supported by self-awareness of consumers to be selective and careful in conducting online transactions.

Keywords: online transactions, consumers, opportunities, threats

 

Abstrak

Penyuluhan hukum ini bertujuan untuk mengedukasi bagi masyarakat terkait perkembangan bisnis online di Indonesia. Bisnis online yang disebut dengan Transaksi E-Commerce muncul karena perkembangan teknologi yang pesat. Dampaknya bagi masyarakat adalah merubah pola masyarakat bertindak sebagai konsumen baik dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasa menggunakan media internet (online). Tanpa disadari dampak yang muncul tersebut dapat berupa peluang serta ancaman bagi masyarakat. Peluang yang muncul dapat memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam berbelanja. Akan tetapi dibalik kemudahan itu, juga muncul ancaman bagi konsumen mengalami kerugian, wanprestasi serta penipuan dari pelaku usaha online. Oleh karena itu, perlindungan konsumen sangat perlu diciptakan tidak hanya dengan aturan hukum yang mengakomodir tetapi didukung dengan kesadaran diri dari konsumen untuk selektif dan hati-hati dalam melakukan transaksi online.

Kata kunci : Transaksi online, Konsumen, Peluang, Ancaman


Full Text:

PDF

References


Buku

Adi Nugroho, Susanti. 2008. Proses Penyelesaian Sengketa Konsumen Ditinjau dari Hukum Acara Serta Kendala Implementasinya. Kencana.

Darus Badrulzaman, Mariam. 2009. Kompilasi Hukum Perikatan. PT Citra Aditya Bakti:Bandung. 2001

Halim Barkatullah, Abdul. Perlindungan Hukum Bagi Konsumen dalam Transaksi E-Commerce Lintas Negara di Indonesia, Yogyakarta : FH UI Press.

Mertokusumo, Sudikno. 2009. Penemuan Hukum, PT Citra Aditya Bakti : Bandung.

Nasution, AZ. 2002. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta : Diadit Media.

Sidabalok, Janus. 2014.Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia. Ctk. Ketiga, PT Citra Aditya Bakti : Bandung.

Tri Siwi Kristiyanti, Celina. 2011. Hukum Perlindungan Konsumen. Sinar Grafika.

Jurnal

Akhmaddhian, Suwari dan Asri Agustiwi, 2016. “Perlindungan Hukum terhadap Konsumen dalam Transaksi Jual Beli Secara Elektronik di Indonesia”. Unifikasi : Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 3 No. 2 Juli 2016.40-60.

La Porta, Rafael. 1999. “Investor Protection and Corporate Governance”, Jurnal of Financial Economics, No. 58

Okta Nofri, Okta.2018. ”Analisis Perliaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping di Kota Makassar”. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS), Nomor 1 Januari – Juni

Rongiyati, Sulasi. 2019. “Perlindungan Konsumen dalam Transaksi Dagang Melalui Sistem Elektronik Consumen”, Jurnal Negara Hukum .Vol 10 No 1 Juni.

Retnowulan, Evi . 2010. “Tinjauan Hukum Jual Beli Secara Online”. Jurnal Hukum Vol XIX No.19 Oktober 2010.

Yuhandra, Erga. 2018. “Pencegahan dan Penindakan Kenakalan Remaja Pada Era Informatika di Kabupaten Kuningan, Indonesia” Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 01 Nomor 01 Januari 2018.8-15

Peraturan Perundang-undangan

Kitab Undang Undang Hukum Perdata;

Kitab Undang Undang Hukum Pidana;

Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 Perubahan UU Nomor 11 Tahun 2008 Informasi dan Transaksi Elektronik

Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v3i01.2773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0