Pengembangan Produk Olahan Kelapa sebagai Sektor Unggulan di Desa Tibubeneng, Bali

Ni Luh Eka Maharani, Putu Purnama Dewi

Abstract


Tanaman kelapa di Indonesia merupakan salah satu tanaman yang sangat berguna dalam kehidupan ekonomi pedesaan tepatnya di Desa Tibubeneng. Karena semua bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat mengenai bagaimana proses pengolahan kelapa hingga menjadi minyak, untuk membantu pendapatan masyarakat setempat. Metode ataupun rencana yang dilakukan dalam perancangan ini yaitu melakukan pelatihan langsung bersama warga setempat dalam kegiatan mengolah kelapa menjadi minyak yang sehat tanpa bahan pengawet, dan menggunakan Metode Kualitatif yang merupakan sebuah riset  yang sifatnya desrkriptif, dengan mengumpulkan data melalui observasi serta melalukan wawancara langsung dan mengambil dokumentasi. Melalui pelaksanaan KKN ini dapat memperoleh hasil kegiatan yaitu, dimana dalam kegiatan membuat produk minyak kelapa ini dapat membantu mengembangkan potensi yang ada di Desa Tibubeneng dengan adanya cara pengelolahan kelapa ini diharapkan masyarakat dapat memahami apa saja manfaat dari suatu limbah buah kelapa yang bisa kita olah menjadi suatu produk yang berguna bagi kebutuhan hidup masyarakat di Desa Tibubeneng . Melihat potensi tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengembangan Produk Olahan Kelapa Sebagai Sektor Unggulan Di Desa Tibubeneng” yang akan bisa membantu perekononomian dan kreativitas masyarakat setempat.


Keywords


Bali; Kelapa; Olahan

Full Text:

PDF

References


Abast, M. A., Koleangan, H. S., & Pontoh, J. (2016). Analisis Asam Lemak dalam Minyak Kelapa Murni Menggunakan Derivatisasi Katalis Basa. Jurnal MIPA, 5(1), 29-31.

Asy’ari, M., & Cahyono, B. (2006). Pra-standarisasi: produksi dan analisis minyak virgin coconut oil (VCO). Jurnal Kimia Sains dan Aplikasi, 9(3), 74-80.

Ghani, N. A. A., Channip, A. A., Chok Hwee Hwa, P., Ja'afar, F., Yasin, H. M., & Usman, A. (2018). Physicochemical properties, antioxidant capacities, and metal contents of virgin coconut oil produced by wet and dry processes. Food Science & Nutrition, 6(5), 1298-1306.

Hartati, A., & Mulyani, A. (2009). Profil dan prospek bisnis minyak dara (virgin coconut

Isworo, J. T. (2014). Pengaruh Lama Fermentasi Pada Produksi Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil) Terhadap Sifat Fisik, Kimia, dan Organoleptik. Jurnal Pangan dan Gizi, 4(2).

Palenewen, V. V., & Elly, F. H. (2016). Analisis Kelayakan Agroindustri Virgin Coconut Oil (studi Kasus Kelompok Tani Anugrah Kelurahan Tandurusa Kecamatan Aertembaga Kota Bitung). AGRI-SOSIOEKONOMI, 12(3A), 147-158.

Kusuma, M. A., & Putri, N. A. (2020). Asam Lemak Virgin Coconut Oil (VCO) dan Manfaatnya untuk Kesehatan. Jurnal Agrinika: Jurnal Agroteknologi dan Agribisnis, 4(1), 93-107.

Widiyanti, R. A., & Guru Mapel, P. K. N. (2015). Pemanfaatan kelapa menjadi VCO (Virgin Coconut Oil) sebagai antibiotik kesehatan dalam upaya mendukung visi Indonesia sehat 2015. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (pp. 577-584).

Winarno, F. G. (2015). Kelapa Pohon Kehidupan. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v4i01.3030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0