Perberdayaan Kelompok Masyarakat Melalui Ekplorasi Benih Pohon Hutan di Desa Karangsari Kabupaten Kuningan Jawa Barat

Agus Yadi Ismail, Ilham Adhya

Abstract


Kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan berupa pertanaman pohon semakin diminati. Namun ketersediaan sumber bibit yang berasal dari mutu benih yang baik masih terbatas .Tujuan dari pemberdayaan kepada masayarakat  adalah berupa pelatihan ,penyuluhan dan praktek pengunduhan benih tanaman hutan  yang dapat digunakan untuk pembuatan persemaian. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan,diskusi  dan praktek penggunduhan benih. Hasil dari kegiatan ini adalah  transfer pengetahuan berkaitan dengan ekplorasi benih meliputi Pemilihan lokasi kebun benih, tata cara ekplorasi sampai pada pembersihan dan sortasi benih, ekplorasi benih  dilakukan pada 25 pohon Caliandra spp dengan berat benih yang di hasilkan  sebanyak    1  kg benih basah.  Kegiatan Tehnik eksplorasi benih tanaman hutan bagi masyarakat desa sekitar hutan sangat diperlukan dengan harapan dapat memenuhi pasokan untuk penyediaan persemaian yang menghasilkan bibit yang bermutu baik untuk kegiatan rehabilitasi lahan dan hutan sehingga kedepan perlu adanya kegiatan lebih lanjut terkait dengan pengunduhan benih.


Keywords


Bibit; Sumber Benih; Penyuluhan; Pemberdayaan masyarakat dan Kelompok tani

Full Text:

PDF

References


Arihidayanto, 2010. Modul Sertifikasi Benih

IFSP. 2000. Demo room poster. Indonesian Forest Seed Project, Bandung.

IFSP. 2000. Visual presentation of extension material. Indonesia Forest Seed Project, Bandung.

Normasiwi, S. (2013). Prosiding Ekspose dan Seminar Pembangunan Kebun Raya Daerah Membangun Kebun Raya untuk Penyelamatan Keanekaragaman Hayati dan Lingkungan Menuju Ekonomi Hijau. InTingkat Kematangan Buah dan Pengaruhnya terhadap Perkecambahan Ardisiaspp.(pp 765-771).

Perotti, VE, Moreno, A. and P. F. (2014). Physiological aspect of Fruit ripening. Mitochondrion, 17, 1–6.

Setiadi, D .(2017). Pembangunan Sumber Benih Genetik Lokal Araucaria cunninghamii di Bondowoso, Jawa Timur. Proceeding Biology Education Conference Volume 14, Nomor 1 Halaman 99 - 105

Schimidt. (2000). Pedoman Penanganan Benih Benih Hutan Tropis dan Sub Tropis. Jakarta: Direktorat Jenderal Rehablitasi Lahan dan Perhutanan Sosial. Departemen Kehutanan.

Wibisono, ITC., Priyanto EB., Suyradiputra, IN. 2006. Panduan Parkatis Rehabilitasi Pantai. Bogor: Wetlands International Indonesian Programme.




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v4i01.4015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0