Pemberdayaan dalam Pengelolaan Digital Marketing untuk Mewujudkan Desa Wisata Budaya di Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan

Dikdik Harjadi, Gilang Kripsiyadi Praramdana, Munir N Komarudin, Vigory G Manalu

Abstract


Kecamatan Cigugur merupakan sebuah Kecamatan yang terletak di Kaki Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan. Dengan keindahan alamnya dan udaranya yang sejuk ini membuat masyarakatnya sebagian besar berprofesi di bidang perkebunan, pertanian  dan peternakan. Namun saat ini masyarakat mulai memanfaatkan keindahan alamnya sebagai objek pariwisata. Hal ini ditandai dengan banyaknya bermunculan tempat wisata baru maupun cafe and restoran yang berjejer sepanjang jalan khususnya Desa Cisantana Kecamatan Cigugur. Namun jika dilihat lebih dalam penggunaanya saat ini digital marketing masih belum dilakukan maksimal oleh pihak pengelola wisata desa cisantana, padahal ketika menggunakan digital marketing dapat meningkatkan penjualan. Permasalahan yang ada di Desa-Desa Wilayah Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan ini, adalah bagaimana peningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam melestarikan, inventarisasi dan mengembangkan potensi budaya yaitu kearifan lokal, tradisi, & seni  setempat sebagai salah satu tujuan wisata budaya, bagaimana aspek pendampingan pengelolaan digital marketing sebagai media promosi rintisan wisata alam dan budaya  kepada pengelola atau aparatur desa atau kecamatan, dan bagaimana pengelolaan pembentukan rintisan Desa Wisata yang ada di Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan.  Hasil dari kegiatan ini masyarakat khususnya para pengelola obyek wisata sudah mulai memahami dimana kegiatan promosi merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan untuk menarik wisatawan, terutama wisatawan asing. Dalam kegiatan ini para pengeola sudah dilatih untuk menggunakan media promosi yang baik dan bijak untuk melakukan promosi kegiatan usaha yang mereka lakukan. Adapun media promosi yang difokuskan adalah intagram dan chanel youtube. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dalam dua tahapan, yaitu tahap pelatihan dan praktek langsung. Setelah dilakukan prkatek langsung dilakukan evaluasi mengenai kegiatan promosi yang sudah dilakukan.


Keywords


Desa Wisata; Kearifan lokal; Digital Marketing

Full Text:

PDF

References


Aditya Eka Trisnawati, Heri Wahyono, Cipto Wardoyo, Pengembangan Desa Wisata Dan Pemberdayaan masyarakat Berbasis Potensi Lokal, Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian dan Pengembangan, Vol. 3 No. 1, Januari 2018

Dheka Dwi Agustiningsih, 2019, Seren Taun:Merawat Tradisi Di Cigugur Kuningan, Deepublish, CV Budi Utama, Jogjakarta

Heidrick and Struggles, 2009. The Adaption of Digital Marketing in Financial, Services Under Crisis

Jerry Dounald Rahajaan, et.al. Perancangan Konsep Ideal Desa Wisata Di Desa Cibinuang Kabupaten Kuningan. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 03 Nomor 02. 2020.89-97.

Mina Holilah, Kearifan Ekologi Budaya Lokal masyarakat Adat Cigugur Sebagai Sumber Belajar IPS, Jurnal Pendidikan ilmu Sosial, Vol. 24 No. 2, Desember 2015, hlm 163

Sigit Setya Kusuma, et.al. Pendampingan Dan Pembuatan Video Profile Untuk Promosi Wisata Desa Cisantana Kabupaten Kuningan. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 03 Nomor 02. 2020.81-88.




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v4i01.4200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0