Penggunaan E-Commerce dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bambu di Desa Kerobokan

Ni Putu Santa Oktaviani, Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani, A.A.Ngr.Eddy Supriyadinata Gorda

Abstract


Masih banyak UMKM yang merasa awam dengan adanya e-commrce yang dimana masih terdapat banyak UMKM yang melakukan trsansksi dengan cara manual. Munculnya e-commerce saat ini sangat berdampak positif bagi UMKM yang sangat membantu dalam menunjang promosi serta penjualan yang efektif dan efisien.Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah adanya sosialisai e-commerce dan media sosial dalam melakukan promosi dan penjualan, UMKM juga diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatifnya dalam melakuakan produksi Bambu yang dimana dapat mengikuti tren yang ada saat ini, agar jumlah penjualan dapat ditingkatkan. Teknik pengumpulan data pada kegiatan pengabdian msyarakat ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun keuntungan yang didapatkan dari penggunaan e-commrce dalam melakukan penjualan adalah mempermudah UMKM dalam mengaksesnya, hanya dengan menggunakan ponsel dan sangat berorientasi sosial, serta berbagi foto dan video serta dapat menambahkan deskripsi produk yang menarik agar diminati oleh para komsumen. Diharapkan adanya e-commerce dan media sosial, mampu menunjang promosi dan penjualan yang lebih baik lagi kedepannya. Sehingga kedepannya mampu merambah ke pasar yang lebih luas.


Keywords


Perkembangan, UMKM, e-Commerce.

Full Text:

PDF

References


Darnis, F., Azdy, R. A., Stmik,), & Rahmat, P. J. B. (2019). Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi (e-Commerce) sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Desa Pedado. Sindimas, 29(1), 275–278. http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/sindimas/article/view/584

Dewi Irmawati, “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis”, Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis – ISSN: 2085-1375 Edisi Ke-Vi, November 2011, h. 104.

Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i2.603

Harto, B, Komalasari, R. (2020). Optimalisasi Platform Online Internet Marketing Untuk SME Little Rose Bandung. Empowerment in the Community, 1(1), 1-6.

Intan Kusumawathi Nikara, I. A. G., & Mimba, N. P. S. H. (2019). Pengaruh Love of Money, Machiavellian, Idealisme dan Religiusitas pada Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 26, 536.

Kala'lembang, A. (2020). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(1), 54-65.

Risnawati, N. (2018). Profil UMK, permasalahan dan upaya pemberdayaannya di Kabupaten Sumedang. Coopetition, 9(1), 13-29.

Tadjuddin, T., & Mayasari, N. (2019). Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Palopo. Dinamis: Journal of Islamic Management and Bussiness, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v5i02.4620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0