Teknik Menghindari Plagiarisme dalam Penulisan Ilmiah untuk Meningkatkan Kompetensi Profesi Guru Bahasa Arab Provinsi Banten
Abstract
Plagiarism is intellectual criminal behaviour that uses or takes other people's quotes without citing the source. It can be caused by the lack of insight into plagiarism and the limited understanding of techniques to avoid plagiarism in scientific publications, especially for Arabic language teachers in Banten. Based on this analysis, a community service activity was carried out such as training/workshops for PBA teachers who are members of the Banten Province Arabic MGMP. The training/workshop will improve understanding, provide training on techniques to avoid plagiarism in writing OJS-based scientific papers, improve the professional competence of Arabic language teachers, and enrich Arabic research and learning. The methods applied in this activity are lecture discussions, followed by simulations/demonstrations, and last mentoring in practising the correct way of quoting to avoid plagiarism. This activity is proven to increase knowledge and technical skills to avoid plagiarism in scientific writing, which can be seen in the use of the Mendeley application.
Plagiarisme merupakan perilaku kriminal intelektual yang menggunakan atau mengambil kutipan orang lain tanpa menyebutkan sumbernya. Hal ini disebabkan oleh minimnya wawasan mengenai plagiarisme dan terbatasnya pemahaman terhadap teknik menghindari plagiarisme dalam publikasi ilmiah, khususnya pada guru bahasa arab di Banten. Berdasarkan analisis tersebut, maka dilaksanakan sebuah kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan/workshop kepada guru PBA yang tergabung di dalam MGMP bahasa Arab Provinsi Banten. Pelatihan/workshop akan meningkatkan pemahaman, memberikan pelatihan tentang teknik menghindari plagiarisme dalam penulisan karya ilmiah berbasis OJS, meningkatkan kompetensi profesi guru bahasa Arab, serta memperkaya penelitian dan pembelajaran bahasa Arab. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini atara lain, ceramah-diskusi, dilanjut dengan simulasi/demonstrasi, dan terakhir pendampingan dalam mempraktekan cara mengutip yang benar agar terhindar dari plagiarism. Kegiatan ini terbukti meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik menghindari plagiarisme dalam penulisan ilmiah, yang dapat terlihat dalam penggunaan aplikasi Mendeley.
References
Agus, S. (2018). “Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pengembangan Diri”. Prosiding “Profesionalisme Guru Abad XXI” Seminar Nasional IKA UNY.
Cahnia, Zelika Anggun, dkk. (2021). Pemanfaatan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi Pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan Dan Sains Informasi Universitas Bengkulu. Journal of Information and Library Science, 12(1), 48–54.
Chabib, A. (2018). Manajemen Pengembangan MGMP Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. TARBIYATUNA, 9(1), 103–114.
Harliansyah, F. (2017). Plagiarism dalam Karya atau Publikasi Ilmiah dan Langkah Strategis Pencegahannya. LIBRIA, 9(1), 103–114.
Husain, N. A. (2017). Al-Sariqah al-Ilmiyah (Plagiarism) wa al-ta’aruf ’ala baraamij kasyf al-Intihaal al-adabi li al-buhuts al-‘ilmiyah. Research Gate.
Nimasari, E. P. (2017). Persepsi Mahasiswa Terhadap Plagiat. Premiere Educandum, 7(2), 115–123. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1623
Noorjanah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional DI SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97–114.
Sari, Retma, dkk. (2019). Peningkatan Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Dan Publikasi Jurnal Ilmiah Pada Guru Bahasa Inggris Smp Kabupaten Magelang. Indonesian Journal of Education and Learning, 3(1), 285–291.
Shadiqi, M. A. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah. Buletin Psikologi, 27(1), 30–42.
Wibowo, A. (2012). Mencegah dan Menanggulangi Plagiarisme di Dunia Pendidikan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 6(5), 195–200.
Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Ketentuan Umum Guru dan Dosen
Permenpan dan RB No. 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya