Workshop Technological Pedagogical and Content Knowledge dalam Pengembangan Kompetensi Guru

Zaenal Abidin, Anna Fitri Hindriana, Asep Ginanjar Arip

Abstract


Workshop pembelajaran IPA berbasis TPACK (Technological Pedagogical And Content Knowledge) untuk guru IPA SMP di Kabupaten Cirebon perlu dilakukan karena adanya kebutuhan dan tuntutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital dan implementasi kurikulum merdeka. Workshop pelatihan TPACK bertujuan untuk membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan aplikatif yang dibutuhkan dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran IPA berbasis TPACK dalam implementasi kurikulum merdeka.  Adapun metode yang digunakan dalam workshop penguatan dan pengembangan TPACK guru meliputi metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Hasil workshop menunjukkan terdapat peningkatan TCK (Technological Content Knowledege) peserta dari rata-rata pretest sebesar 50,25 menjadi rata-rata posttes sebesar 61,25. Komponen integrasi TPACK lainnya yaitu TPK, PCK dan TPACK mengalami penurunan. Fenomena ini sebagai sesuatu hal yang lumrah karena workshop dititik beratkan bagaimana media pembelajaran berbasis teknologi informatika digunakan dalam pembelajaran IPA. Materi yang disampaikan dapat menngkatkan pemahaman teknologi yang dipadu dengan pemahaman konten yang telah dimiliki oleh peserta. Hal ini berarti penyelenggaraan workshop berdampak pada peningkatan kompetensi guru yang bermuara pada peningkatan kinerja profesional guru. Hasil kegiatan workshop dapat meningkatkan motivasi untuk terus mengembangkan keahlian mengajarnya dalam menintegrasikan teknologi dalam pembelajarannya khususnya dalam menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan topik dan kondisi siswa serta tuntutan kurikulum merdeka yang sedang dijalan oleh sekolah.


Keywords


TPACK; Pengembangan Kompetensi; Guru IPA

Full Text:

PDF

References


Abidin,Z., Hindriana, A.F., & Lismaya, L. (2022). Changes in Technological Pedagogy and Content Knowledge of Prospective Biology Teachers During a Period of Prolonged Disaster. (dalam proses publikasi).

Angeli, C., & Valanides,N. (2013). Technology Mapping: an Approach for Developing Technological Pedagogical Content Knowledge. J. EDUCATIONAL COMPUTING RESEARCH, Vol. 48(2) 199-221

Chai, C.-S., Koh, J. H.-L., & Tsai, C.-C. (2013). A Review of Technological Pedagogical Content Knowledge. Educational Technology & Society, 16 (2), 31–51

Chai, Ching Sing, Koh, Joyce Hwee Ling, Ho, Hsin Ning Jessie, & Tsai, Chin-Chung. (2012). Examining Preservice Teachers’ Perceived Knowledge of TPACK and Cyberwellness Through Structural Equation Modeling. Australasian Journal of Educational Technology, 28(6), 1000–1019. (diunduh tanggal 11 September 2021).

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A new framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017- 1054.

Pamuk, S., Ergun, M., Cakir, R., Yilmaz, H. B., & Ayas, C. (2015). Exploring relationships among TPACK components and development of the TPACK instrument. Education and Information Technologies, 20(2), 241–263.

Pribadi, R. A., Sailendra, D. P., & Azmi, F. (2022). Pedekatan Saintifik Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Pada Peserta didik Sekolah Dasar. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 43–56.

Porras-Hernández, Laura Helena, & Salinas-Amescua, Bertha. (2013). Strengthening TPACK: A Broader Notion of Context and The Use of Teacher’s Narratives to Reveal Knowledge Construction. Journal of Educational Computing Research, Volume 48 No.2, 223-244

Yeh, Yi-Fen., Hsu, Yin-Shao., Wu, Hsin-Kai., Hwang, Fu-Kwun, & Lin, Tzu-Chiang. (2014). Developing and Validating Technological Pedagogical Content Knowledge—Practical (TPACK-Practical) Through The Delphi Survey Technique. British Journal of Educational Technology, Volume 45 No.4, 1-16.




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v7i01.9579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0