Penguatan Proyek Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sukawati

  • Helmy Syakh Alam Primakara University
  • Ketut Tri Budi Artani
  • I Made Sudama

Abstrak

Tujuan: Pelatihan kewirausahaan di SMK Negeri 1 Sukawati memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada pelajar tentang konsep bisnis modern dan penggunaan Business Model Canvas (BMC) sebagai alat strategis sebagai penguatan Proyek Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Thinking untuk mengidentifikasi kebutuhan pelajar dan guru terkait implementasi Proyek Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). Pelatihan BMC dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sukawati dengan melibatkan 122 pelajar dalam pembentukan ide bisnis dan pengisian BMC.  Hasil dan Pembahasan: Hasilnya menunjukkan dominasi ide bisnis di bidang kuliner dan fashion, dengan tantangan utama terletak pada pemahaman keuangan dan manajemen bisnis. Pelajar menunjukkan keunggulan dalam identifikasi segmen pelanggan dan saluran distribusi melalui keterampilan digital yang kuat, namun masih memerlukan pengembangan dalam manajemen biaya, aliran pendapatan, sumber daya utama, dan kemitraan strategis.  Implikasi: Mengetahui elemen-elemen dari BMC yang perlu untuk lebih ditingkatkan, terutama literasi keuangan, serta program mentorship dan magang untuk memperkuat keterampilan bisnis pelajar. Saran: Untuk mengatasi beberapa hal yang menjadi tantangan bagi pelajar di SMK Negeri 1 Sukawati, maka disarankan untuk melaksanakan program-program sebagai berikut: (1) menyediakan pelatihan yang lebih mendalam mengenai manajemen keuangan dan biaya. Pelatihan ini dapat mencakup pemahaman tentang nilai pasar produk atau layanan, serta strategi perencanaan aliran pendapatan yang efektif; (2) mengintegrasikan mata pelajaran atau modul keuangan dan manajemen bisnis dalam kurikulum pendidikan agar pelajar memiliki dasar yang kuat dalam aspek keuangan; (3) menyelenggarakan program mentroship yang berkelanjutan; dan (4) menyelenggarakan program magang pada perusahaan-perusahaan yang masih berupa rintisan (start-up), sehingga bisa ikut terlibat aktif dalam kegiatan pengembangan usaha yang dilakukan oleh founder.

Referensi

Alam, H. S., Dwayani, N. K. S. M., Putra, M. W. P., Irmayanti, N. K. D., Dewi, N. L. A., & Rokhimah, S. A. (2024). Optimalisasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Bank Sampah Bhauma Raksha Desa Muncan dengan Penerapan Design Thinking. Jurnal Bali Membangun Bali, 5(1), 31-44. https://ejournal.baliprov.go.id/index.php/jbmb/article/view/330

Andriyani, S. S., Budidharmanto, L. P., & Junianto, Y. (2022). Effects of Financial Literacy and Financial Management Teaching on Financial Behaviour. Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 20(2), 139-148.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.

Cavalcante, Kesting, & Ulhoi. (2011). Business model dynamics and innovation: (re)establishing the missing linkages. Journal Management Decision, 49(8). https://doi.org/10.1108/00251741111163142

Carter, M., & Carter, C. (2020). The Creative Business Model Canvas. Social Enterprise Journal, 16(2), 141-158. Doi:10.1108/sej-03-2019-0018

Fitouri, M. & Zouaoui, S. K. (2021). The Impact of the Entrepreneurial Support Relationship on the Learning of Entrepreneurs: An Empirical Assessment with Tunisian Novice Entrepreneurs. Journal of Business and Entrepreneurships, 9(2), 19-27.

Giantari, P. D. G., & Ramantha, W. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Reguler. E-Jurnal Akuntansi, Vol. 28.1, 1-25.

Herawati, N., & Lindriati, T. (2019). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(1), 42-51. https://doi.org/10.19184/j-agt.v13i01.8554

Nabi, G., Walmsley, A., & Akhtar, I. (2021). Mentoring Functions and Entrepreneur Development in the Early Years of University. Studies in Higher Education, 46(6), 1159-1174. DOI:10.1080/03075079.2019.1665009

Osterwalder, A. & Pigneur, Y. (2012). Business Model Generation (terjemahan). PT. Elex Media Komputindo.

Riani, R., Manurung, P., & Syarqawi, A. (2022). Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Siswa di SMA Negeri 1 Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam, Vol.4, No. 1. 1-14. DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i1.1345

Ries, E. (2011). The Lean Start-up. Crown Publishing Group.

Sari, B. P., Rimbano, D., Marselino, B., Sandy, C. A., & Hairum, R. R. (2022). Determinasi Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan Usaha UMKM. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(3), 2840-2849.

St-Jean, E. (2012). Mentoring as Professional Development for Novice Entrepreneurs:Maximizing the learning. International Journal of Training and Development, 16(3), 200-216, https://doi.org/10.1111/j.1468-2419.2012.00404.x.

St-Jean, E. & Tremblay, M. (2020). Mentoring for Entrepreneurs: A Boost or a Crutch? Long Term Effect of Mentoring on Self-efficacy. International Small Business Journal, 38(5), 424-448

Sukarno, B. R. & Ahsan, M., (2021). Implementasi Strategi Pengembangan Bisnis dengan Model Canvas. Jurnal MANOVA Vol. IV No. 2, P ISSN: 2685-4716, E ISSN: 2746-282X

Diterbitkan
2024-11-15
Bagian
Articles