Pendampingan UMKM dalam Pengembangan Strategi Pemasaran Kerupuk Ikan Nila pada Agroindustri di Desa Muaro Pijoan

  • Yusma Damayanti Universitas Jambi
  • Dewi Sri Nurchaini
  • Yulismi Yulismi
  • Riri Oktari Ulma
  • Elwamendri Elwamendri

Abstrak

Pendampingan yang diberikan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam pengolahan ikan nila menjadi kerupuk di Desa Muaro Pijoan memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan ekonomi lokal. Program ini mencakup pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk, pengembangan teknik pemasaran yang efektif, serta penerapan teknologi digital dan e-commerce dalam pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan ini tidak hanya berhasil meningkatkan keterampilan pelaku UMKM, tetapi juga memperluas jangkauan pasar produk kerupuk ikan nila, yang sebelumnya hanya bersifat lokal, menjadi lebih luas. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kolaborasi erat antara masyarakat, pemerintah, dan akademisi dalam menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan. Dengan adanya sinergi tersebut, produk kerupuk ikan nila mampu bersaing di pasar yang lebih besar dan memberikan dampak ekonomi positif bagi masyarakat setempat. Pemanfaatan teknologi digital dan e-commerce juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan daya saing produk, memungkinkan UMKM lokal untuk menjangkau konsumen di luar wilayahnya. Oleh karena itu, pendekatan yang terintegrasi dan kolaboratif ini penting dalam memperkuat posisi UMKM di pasar yang semakin kompetitif dan memastikan keberlanjutan usaha dalam jangka panjang. Pendampingan seperti ini diharapkan dapat diterapkan di sektor UMKM lainnya untuk meningkatkan kapasitas usaha kecil dan menengah di berbagai daerah.Kata Kunci: Pendampingan UMKM, Kerupuk Ikan Nila, Perekonomian Lokal, Teknologi Digital, E-Commerce.

Referensi

Adi, P., Mulyani, R., Putri, A. N. H., Saputri, C. I., Alfiyah, H., Widyadana, J. R. A., Ma’rifah, K., & Khabibah, L. N. (2023). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Produk Pertanian di Desa Bodag, Madiun, Jawa Timur. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 6(2), 126. https://doi.org/10.20961/prima.v6i2.65249

Badan Pusat Statistik Kabupaten Muaro Jambi. 2015. Produksi Budidaya Ikan di Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2014-2015. Jambi: Badan Pusat Statistik.

Choirina, P., Tjiptady, B. C., Fadliana, A. F., Rohman, M., Wahyudi, F., & Darajat, ‪Pangestuti P. (2022). Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.33379/icom.v2i1.1195‬‬‬

Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i2.603

Hidayati, D. (2022). Pelatihan E-Commerce pada UMKM sebagai Penunjang kegiatan Promosi da Pemasaran di Kelurahan Kandagan, Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 270–276.

Linda Wijayanti, Sukwadi, R., Prasetya, W., & Azels, W. A. (2022). Pelatihan Membuat Desain Iklan Digital Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Umkm Binaan Asppuk. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 117–125. https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i2.18245

Paramitha, A. A. I. I., Mahendra, G. S., & Artana, I. M. (2020). Sosialisasi dan Pelatihan Internet Marketing Bagi UMKM Sokasi di Desa Tigawasa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 276–283. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10536

Pelipa, E. D., & Marganingsih, A. (2020). Pelatihan E-Commerce Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Sintang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(2), 94–105. https://doi.org/10.31932/jpmk.v3i2.900

Ramaditya, M., Effendi, S., Faruqi, F., & Darmawan, A. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Kreatif Berbasis Manajemen Pemasaran Digital bagi UMKM Di Wilayah Rawamangun. Journal of Sustainable Community Development (JSCD), 2(1), 48–54. https://doi.org/10.32924/jscd.v2i1.13

Setyanta, B. (2022). Pelatihan Pemasaran Media Sosial di Kelompok UMKM Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta. Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.55824/jpm.v1i1.7

Sifa, M., & Ramadhani, D. (2021). Pelatihan E-commerce anak muda melek digital marketing di Desa Tinggar, Kabupaten Jombang. Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 2774–6755.

Sulistyanto, A., Dwinarko, D., Syafrizal, T., & Mujab, S. (2021). Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Komunikasi Pemasaran bagi Pelaku UMKM pada Masyarakat di Kelurahan Ponggang, Kec. Serangpanjang, Kabupaten Subang. Jurnal Abdidas, 2(1), 34–40. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.199

Syukron, S., Zarkasih, A., Nasution, S. L., Siregar, M. R., & Munthe, R. S. (2022). Strategi Pemasaran Produk Di Era Digital Pada UMKM. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 159–164. https://doi.org/10.54951/comsep.v3i2.282

Triyaningsih, L., Priyadi, P. R., & Rosida, L. (2024). Vol. 2, No. 2, Tahun 2024. 2(2).

Wasan, G. H., & Anita Sariningsih. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital Di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Bina Mandiri, 1(1), 31–36.

Diterbitkan
2024-11-19
Bagian
Articles