Inovasi Kemasan Produk UMKM Desa Bamba Puang, Anggeraja Kabupaten Enrekang

  • Tasyahud Padandi Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bone
  • Marlia Rianti Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bone
  • Fatmawati Ramli Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bone
  • Sandi Sandi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone
Keywords: Inovasi Kemasan, Pemberdayaan UMKM, Desain Kemasan.

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Desa Bamba Puang, Kecamatan Anggeraja, terkait pentingnya inovasi kemasan produk dalam mendukung pengembangan UMKM berbasis pangan lokal. Desa Bamba Puang memiliki potensi sumber daya alam dan wisata yang tinggi, yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong pengembangan ekonomi lokal melalui produk olahan hasil pertanian. Namun, kurangnya pemahaman akan kemasan yang menarik dan fungsional menjadi kendala bagi warga dalam meningkatkan daya jual produk mereka. Program ini dilaksanakan oleh KKN Tematik ISS MBKM Universitas Muhammadiyah Bone, yang melibatkan ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) sebagai peserta utama. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dengan media presentasi, didukung dengan contoh produk inovatif berupa permen tomat dalam kemasan yang menarik. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta tentang tujuan, manfaat, serta pentingnya desain kemasan dalam meningkatkan daya tarik produk. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong warga Desa Bamba Puang untuk lebih kreatif dalam mengembangkan kemasan produk lokal, sehingga dapat bersaing di pasar yang lebih luas.

References

Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDARITAS, 4, 69–76.

Al Farisi, S., Iqbal Fasa, M., & Suharto. (2022). Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73–84. https://doi.org/10.53429/jdes.v9ino.1.307

Juliasari, D., & Liyundira, F. S. (2022). Desain Kemasan Produk sebagai Media Perluasan Pemasaran. Jmba, 5(2), 206–211.

Paramita, P. D., & Surur, A. M. (2022). Meningkatkan Kualitas Pemasaran UMKM melalui Inovasi Sosial Media Marketing. Al-Dzahab: Jurnal of Economic, Management, Business and Accounting, 3(1), 21–31.

Purnomo, A. (2024). Pengembangan Inovasi Kemasan Untuk Meningkatkan Merek Dan Keunggulan Kompetitif Bagi Umkm Klanting Sumber Rezeki Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran. Jurnal Pengabdian UMKM, 3(2), 72–76. https://doi.org/10.36448/jpu.v3i2.61

Yolanda, C., Tjut, U., Dhien, N., Studi, P., & Pembangunan, E. (2024). 2830-7690 peran usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) dalam pengembangan ekonomi indonesia. 2(3), 170–186.

Published
2024-11-19
Section
Articles