Implementasi Asesmen Autentik Berbasis Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Abstrak
Pelaksanaan asesmen autentik berbasis literasi dan numerasi sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan pengetahuannya dalam kehidupan nyata. Pengembangan instrumen asesmen autentik berbasis literasi numerasi memerlukan perubahan mindset baik dalam melaksanakan proses penilaian maupun dalam proses pembelajaran IPA. Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pendampingan pengembangan asesmen autentik berbasis literasi dan numerasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakai ini adalah metode pelatihan dan pendampingan mengenai pemahaman konsep dasar asesmen autentik, konsep dasar literasi numerasi, indikator literasi numerasi serta cara mengintegrasikan pelaksanaan asesmen autentik menggunakan indikator litersi dan numerasi baik pada ranah pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman tentang konsep dasar asesmen autentik , pemahaman tentang konsep dasar literasi dan numerasi, implementasikan asesmen autentik berbasis literasi dan numerasi pada pembelajaran IPA dan self efficacy dalam merancang dan melaksanakan asesmen yang relevan dengan literasi dan numerasi.
Referensi
Allen, M. J. (2014). Using Rubrics to Grade, Assess, and Improve Student Learning. Strengthening Our Roots: Quality, Opportunity & Success Professional Development Day Miami-Dade College, 82.
Andriana, E., Yuliana, R., Asih Vivi Yandari, I., Studi PGSD, P., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (2023). DEDIKASI: Community Service Reports Penguatan Kompetensi Literasi dan Numerasi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Pandeglang dan Kota Serang Banten Article History.
Deneen, C. C., Fulmer, G. W., Brown, G. T. L., Tan, K., Leong, W. S., & Tay, H. Y. (2019). Value, practice and proficiency: Teachers’ complex relationship with assessment for learning. Teaching and Teacher Education, 80, 39–47. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.12.022
Hindriana, A. F., Jaelani, A. J., Setiawati, I., Wulandari, I., & Priantama, R. (2023). Analysis of Elementary and Junior High School Teachers’ Understanding of National Assessment in the Kuningan District. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 2505–2513. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.2454
Hindriana, A. F., & Setiawati, I. (2018). the Development of Authentic Asessment Rubric for Assesing Undergraduate Students Learning and Performance. Indonesian Journal of Learning and Instruction, 1(1). https://doi.org/10.25134/ijli.v1i1.1279
Kemendikbud. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayan, RIset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Pemulihan Pembelajaran. Menpendikbudristek, 1–112. jdih.kemendikbud.go.id
Meriana, T., Murniarti, E., & Dasar Kanaan, S. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110–116. http://ejournal.fkipuki.org/index.php/jdp/
Nurcahyono, N. A., Kunci, K., Literasi, K., Numerasi, K., & Pembelajaran, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran. HEXAGON: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika. Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 2988–7763. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924
Nurjumiati, N., Syahriani Yulianci, & Asriyadin, A. (2022). Pengaruh Model Inquiry Berbasis Literasi Numerasi Terhadap kemampuan Pemodelan Matematis dan Bahasa Simbolik Fisika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 945–948. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.714
Reder, S., Gauly, B., & Lechner, C. (2020). Practice makes perfect: Practice engagement theory and the development of adult literacy and numeracy proficiency. International Review of Education, 66(2–3), 267–288. https://doi.org/10.1007/s11159-020-09830-5
Santoso, E., & Setiawan, J. L. (2018). Peran Dukungan Sosial Keluarga, Atasan, dan Rekan Kerja terhadap Resilient Self-Efficacy Guru Sekolah Luar Biasa. Jurnal Psikologi, 45(1). https://doi.org/10.22146/jpsi.25011
Sutadji, E., Susilo, H., Wibawa, A. P., Jabari, N. A. M., & Rohmad, S. N. (2021). Authentic assessment implementation in natural and social science. Education Sciences, 11(9). https://doi.org/10.3390/educsci11090534
Ulinnuha, Andriani. R. , Saputra. D. Y. Hidayat. S. (2024). Pelatihan Literasi . Jurnal Abdimas Bina Bangsa , 5(1), 339–345.
Wati, G. L., & Syafitri, E. (2022). Meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL berbasis STEM. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 7(1), 62–71. https://doi.org/10.36294/jmp.v7i1.2821