Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word Of Mouth dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan pada Produk Facial Wash Wardah Lightening di Kabupaten Kuningan

  • Virgina Dhia Ulhaq Universitas Kuningan
  • Dadang Suhardi Universitas Kuningan
  • Wely Hadi Gunawan Universitas Kuningan

Abstract

Fenomena dalam penelitian ini adalah penjualan produk Facial Wash Wardah Lightening yang mengalami penurunan penjualan selama tiga tahun terakhir dari tahun 2021 – 2023 di beberapa toko swalayan seperti toko Terbit Toserba Kuningan, Fajar Babatan Kadugede dan Dhiva Cosmetics Kuningan. Maka dapat diartikan bahwa produk Facial Wash Wardah Lightening mengalami pertumbuhan yang negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau menganalisis Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word Of Mouth Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk Facial Wash Wardah Lightening Di Kabupaten Kuningan. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang pengguna produk Facial Wash Wardah Lightening di Kabupaten Kuningan. Instrument penelitian ini berupa penyebaran kuisioner (angket) secara online melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah software SPSS 22.0. Hasil hipotesis yang diajukan menujukkan bahwa (1)Digital Marketing, Electronic Word Of Mouth dan Citra Merek secara simultan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan. (2) Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. (3) Electronic Word Of Mouth tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan. (4) Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.

References

Ajat, Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Akbar, I., Gunawan, W., & Maulana, Y. (2021, March). Analysis of The Effect of Service Quality and Price Perception on Customer Loyalty with Customer Satisfaction Variables as intervening variables. In Proceedings of the 1st Universitas Kuningan International Conference on Social Science, Environment and Technology, UNiSET 2020, 12 December 2020, Kuningan, West Java, Indonesia.

Amstrong, Kotler &. 2018. Principle of Marketing Global. London: Pearson Education.

Amstrong, Kotler dan. 2018. Prinsip - Prinsip Marketing. edisi ke t. Jakarta: Salemba empat.

Anggarwal, Lamba &. 2014. “A Study On Influence Of E-WOM : Customer Buying Behavior.” The Internasional Journal Of Business & Management Vol. 2(Issue 9).

Apriliani, Dedek Uyun, S. Eka Kartika, and A. Asma Nadiya. 2023. “Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasaan Konsumen Batrisyia Herbal.” Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi 21(1):470–79.

Azzahra, Annisa, and Bonifasius MH Nainggolan. 2022. “Pengaruh Media Sosial, E-Wom, Citra Merek, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di R Hotel Rancamaya.” SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi 1(3):481–96. doi: 10.54443/sinomika.v1i3.288.

Chaffey, Dave & Chadwick, F. 2016. Digital Markting (Strategy, Implementation, Practice.

Gunawan, W. H., & Watulandi, M. (2024). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PELANGGAN OJEK ONLINE GOJEK. Indonesian Journal of Strategic Management, 7(1), 37-52.

Gunawan, W. H., & Wachyuni, W. (2020). Information Technology and Market Orientation on the Competitiveness and Performance of a Kuningan's Tourism Activity. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 7(2), 105-116.

Handayani, Langgeng Sri, and Rahmat Hidayat. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk , Harga , Dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk MS Glow Beauty.” Jurnal Ikraith-Ekonomika 5(2):135–45.

Handoko dan Melinda. 2021. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPEE.

Harjadi, D., Suhardi, D., & Ayisiyah, N. (2019). Electronic-Word Of Mouth And Product Quality On Buying Interest Through Trust In Online Shops. Trikonomika, 18(2), 74-79.

Harjadi, D., & Nurfatimah, S. (2021). Brand Switching Behavior From Samsung To Oppo Among Millenials. Trikonomika, 20(1), 41-46.

Harjadi, D. (2024). ANALYSIS OF FACTORS INFLUENCING TRAVELOKA BRAND AWARENESS AS LEADING SECTOR IN TRAVELLING, TICKETING AND HOTEL BOOKING. Tec Empresarial, 6(1).

Harjadi, D., Fatmasari, D., & Hidayat, A. (2023). Consumer identification in cigarette industry: Brand authenticity, brand identification, brand experience, brand loyalty and brand love. Uncertain Supply Chain Management, 11(2), 481-488.

Ismagilova. 2017. “Electronic Word of Mouth (EWOM) in the Marketing Context. A State of the Art Analysis and Future Directions. SpringerBriefs in Business.” (ISBN 978-3-319-52459-7).

Ismanto. 2020. Manajemen Pemasaran. Tanggerang Selatan: UNPAM PRESS.

Keller, K. L., & Swaminathan, V. 2020. Strategic Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fifth Edit. Person Education.

Kotler Philip, and Kevin Keller. 2016. Marketing Management and Brand Management. 15th Editi. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler Phillip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management and Brand Management. 15th Edition New Jersey : Pearson Prectice.

Maulana, Y., Yusuf, A. A., Dirgantari, P. D., & Hurriyati, R. (2023). Marketplace Strategic Positioning Analysis. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 15(1), 101-111.

Oktaviani, W., Suhardi, D., Kusumawati, I. D., & Seliana, D. (2024). The Influence of Brand Image and Online Customer Reviews Against Purchasing Decisions on the Marketplace Lazada. Neraca Keuangan: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 19(1), 10-20.

Puji Lestari, Fibria Anggraini. 2018. “Pengaruh Web E-Commerce, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen.” Sosio E-Kons 10(1)(87).

Purwana, dkk. 2017. “‘Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.’” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani Vol. 1(No. 1).

Savitri, Ida Ayu Putu Dian, and I. Made Wardana. 2018. “Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Kosmetik Adalah Bahan Atau Sediaan Yang Dimaksudkan Untuk Digunakan Pada Bagian Luar Tubuh Manusia Seperti : Epidermis , Rambut , Kuku , Bibir Dan Organ Genital Bagian Luar Atau Gi.” 7(10):5748–82.

Setiadi. 2016. “Pengaruh Harga, Desain Produk, Dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Smartphone Lenovo (Studi Pada Pengguna Smartphone). UIN Sultan Syarif Kasim : Riau.”

Studies, Management, and Entrepreneurship Journal. 2023. “On Loyalty to Scarlett Product Customers ( Study On Scarlett Customers in Pati City ) Pengaruh e-WoM Dan Pengetahuan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Terhadap Pelanggan Produk Scarlett ( Studi Pada Pelanggan Scarlett Di Kota Pati.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 4(April):2386–95.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alphabet.

Tarigan, Ridwan Sanjaya dan Joshua. 2016. Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tjiptono. 2020. Service, Quality Dan Satisfaction. Edisi 5. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

Tommi dan Eristia. 2014. “Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kamera Dslr. Universitas Multimedia Surakarta, Surakarta.”

Yana, R. 2015. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Konsumen Produk Busana Muslim Dian Pelangi Di Malaysia).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 21(1):85795.

Published
2024-08-29